ID   EN
Universitas Mercu Buana

Daftar News

Sebagai rangkaian acara peringatan 10 tahun usia Magister Ilmu Komunikasi yang akan jatuh pada bulan Oktober 2017 nanti, Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UMB menyelenggarakan program Outbound untuk 170 mahasiswa semester 1 sampai semester 3. Tujuan diadakannya program tersebut guna mendukung program akselerasi mahasiswa untuk lebih berkualitas dalam proses pembelajaran maupun output lulusannya. Sekaligus mendukung team building dan kebersamaan antara dosen dan mahasiswa, dengan tema Cerdas Persepsi : Akselerasi & Kebersamaan Tahun Akademik 2016/2017, bertempat di Taman Buk...

Read More...




Universitas Mercu Buana (UMB) kembali memberangkatkan mahasiswanya untuk menempuh pendidikan di Beijing Institute of Technology (BIT), Cina. Pada tahun akademik 2016/2017 ini sebanyak 14 mahasiswa mengikuti program pendidikan ke negeri tirai bambu.

Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM mengingatkan para mahasiswa untuk optimal memanfaatkan kesempatan studi. Tidak hanya menggali ilmu melalui jalur formal di negara Cina, tetapi juga melakukan pendalaman terhadap situasi dan kondisi di negara tersebut.

“Dengan begitu mahasiswa bisa lebih mengenal berbagai persoalan di negara...

Read More...



Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah III kembali menggelar seleksi mahasiswa berprestasi. Seleksi ini merupakan kegiatan tahunan yang menjaring mahasiswa/i terbaik dari berbagai perguruan tinggi swasta di Wilayah III.

“Tiap tahun Kopertis III mencari mahasiswa/i berprestasi melalui ajang Kompetisi Mahasiswa Berprestasi. Universitas Mercu Buana mengirimkan peserta dan bersyukur telah masuk dalam nominasinya,” ujar Direktur Kemahasiswaan UMB, Endi Rekarti, SE, MM di kampus UMB, Jakarta, Senin (20/6/16).

Dinilai ajang seleksi mahasiswa berprestasi ini sangat baik, karena b...

Read More...




Pemakaian trafik data pada jaringan selular dalam hal ini UMTS (universal mobile telecommunications system), dewasa ini semakin meningkat dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Meningkatnya kebutuhan pemakaian data dalam jaringan selular, hal tersebut memunculkan ide untuk mengalirkan trafik selular kepada jaringan nirkabel lain, seperti wifi.

Proses pemindahan trafik data dari jaringan UMTS ke jaringan WiFi dan juga sebaliknya (pemindahan trafik data dari jaringan WiFi ke jaringan UMTS) disebut sebagai proses UMTS – WiFi Offload. Untuk melakukan proses offloading tersebut digunak...

Read More...



42 APLIKASI KARYA MAHASIWA FASILKOM UMB DIPAMERKAN

   1588    1 min

Kegemaranan membuat aplikasi dan program berbasiskan teknologi komputer di kalangan mahasiswa kian marak. Terbukti ajang pameran karya System Informasi ke 3 ini menyedot perhatian mahasiswa. Sedikitnya 42 aplikasi karya mahasiswa hadir dalam pameran.

Pameran aplikasi dan program tersebut digagas Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana. Kegiatan yang mengusung tema Smart City and Future Technology ini merupakan ajang rutin yang memberikan ruang bagi mahasiswa menunjukan rekacipta aplikasi.

“Pada ajang ke 3 ini jumlah peminatnya semakin banyak. Terdapat 42 aplikasi yang d...

Read More...




Setelah berhasil menyabet predikat Akreditasi A dalam pelayanan perpustakaan, tidak membuat unit pelaksana teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) berpuas diri. Lembaga yang khusus menyediakan jasa penyediaan buku dan berbagai bahan literasi perkuliahan itu kembali membuat terobosan, melalui peluncuran BI Corner.

Kepala UPT. Perputakaan UMB, Drs. Budiantoro, MA mengatakan BI – Corner merupakan fasilitas tambahan yang dapat lebih meningkatkan kenyamaan bagi penggunan jasa perpustakaan UMB. Karena BI Corner menyediakan ruang membaca yang lebih modern dan didukung...

Read More...



PEMIKIRAN KARTINI MEMPERKUAT PENDIDIKAN INDONESIA

   1419    2 min

Pemikiran sosok pendidik, Ki Hajar Dewantara telah mewarnai pola pendidikan Indonesia. Tokoh guru bangsa ini menanamkan pendidikan yang khas Indonesia. Melalui filosofinya yang mengambil nilai-nilai budaya Indonesia, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani.

Selain tokoh tersebut ada sosok pendidikan modern di jaman penjajahan. Dia adalah Raden Ajeng Kartini. Sosok kaum putri dari kalangan priyayi yang lahir di Jepara, tahun 1879. RA Kartini menggagas kesetaraan pendidikan bagi kaum perempuan.

“Hasil pemikiran Kartini secara nyata menempatkan pendidikan kese...

Read More...