ID   EN
Universitas Mercu Buana

Daftar News

Ini 100 kampus terbaik di Indonesia. Bagi siswa lulusan SMA atau SMK dapat memperhatikan daftar kampus terbaik ini.

Tidak sedikit dari masyarakat juga ingin mengetahui kira-kira universitas apa saja yang termasuk ke dalam daftar kampus terbaik yang ada di Indonesia. Hal tersebut juga dipertimbangkan dengan mengingat begitu banyak universitas dengan akreditas dan kualitas bahan pembelajaran yang tinggi, sekaligus alumni yang sukses di sejumlah bidang yang memiliki riwayat pendidikan baik juga.

Maka dari itu, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Edurank melakukan sebuah penelitian dan pe...

Read More...




BADAN Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Jakarta (BEM FIKOM UMB) perdana menyelenggarakan mega program kerja yang bernama Communiverse 2024.

Mengusung tema “Harmony in Expression: Celebrating Diversity, Fostering Creativity”. Program kerja ini memiliki 5 kegiatan yaitu, Competition Communiverse, Bazar UMKM, Pameran Gallery Arkamaya, Talkshow Communiverse, dan Puncak Acara. Kelima kegiatan tersebut dilaksanakan sejak 15 Juni - 05 Juli 2024 di Universitas Mercu Buana Jakarta.

Mega Proker Communiverse 2024 merupakan program kerja terbesar yang dibuat oleh...

Read More...



Mahasiswa Program Pascasarjana Komunikasi Universitas Mercu Buana mengadakan diskusi publik bertajuk “Media Massa antara Kepentingan Politik, Ideologi dan Kepentingan Bisnis”.

Webinar ini diadakan pada hari Sabtu, 6 Juli 2024 dengan menghadirkan berbagai narasumber dari berbagai institusi seperti Abdul Kohar (Direktur Pemberitaan Media Group), Dr. Hj. Paramita Messayu, M. Sc (Ketua Komisi 3 DPRD Kota Tangerang Selatan), H Achmad Nashruddin Priatna (Komisioner KPID Banten), serta Dr. Afdal Makkuraga Putra, M.Si selaku Sekprodi Magister Ilmu Komunikasi Mercu Buana.

Abdul Kohar menyampaikan...

Read More...




MEDIA massa memiliki peran krusial dalam membentuk opini publik dan menyebarkan informasi kepada masyarakat. Di balik tugasnya sebagai penghubung antara kepentingan politik, ideologi, dan bisnis, terdapat dinamika kompleks yang perlu dipahami.

Hal ini dibahas melalui diskusi publik bertajuk Media Massa: Memadukan Politik, Ideologi, dan Kepentingan Bisnis yang digelar Universitas Mercu Buana pada Sabtu (6/7) melalui platform Zoom.

Direktur Pemberitaan Media Indonesia Abdul Kohar menegaskan bahwa pers itu independen tetapi tidak netral.

"Karena pers berpihak pada kepentingan publik. Impe...

Read More...



Inovasi merupakan hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi perkembangan teknologi dan kebutuhan sosial masyarakat. Selain itu, inovasi juga merupakan langkah awal dalam menjalankan penelitian yang berbobot.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalangan akademik, baik dosen maupun mahasiswa, untuk terus berpikir kreatif dan inovatif agar mampu menghasilkan produk-produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada dan memenuhi kebutuhan pasar serta masyarakat.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Mercu Buana (UMB) menginisiasi perlombaan tingkat nasional yang...

Read More...




Ketua Umum PWI Pusat, Hendri Ch. Bangun, menyoroti minimnya kegiatan penelitian terkait dampak atau pengaruh pemberitaan terhadap individu, kelompok maupun Masyarakat, baik dalam bentuk pemikiran maupun perilaku.

Hal ini disampaikannya dalam acara webinar berjudul Komunikasi: Media dan Mental Health yang diselenggarakan oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Univeristas Mercu Buana pada Sabtu (6/7/24).

“Sayangnya di Indonesia penelitian terkait hal ini masih kurang, atau tidak menjadi perhatian di kalangan akademisi maupun masyarakat pers itu sendiri. Ke depan perlu kerja sama kampus, m...

Read More...



Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE ) merupakan landasan penting bagi tata kelola teknologi informasi di pemerintahan yang berkelanjutan. Badan Pangan Nasional secara aktif telah menerapkan Peraturan Presiden No 95 Tahun 2018 Tentang SPBE dan telah menjadi lokus penilaian indeks SPBE di Tahun 2023 dengan hasil kategori baik.

Meski telah mendapatkan nilai baik, ada hal yang perlu dipersiapkan Badan Pangan Nasional dalam menghadapi rencana pembangunan nasional untuk periode 2025-2029 yaitu dengan menyusun pengembangan arsitektur SPBE yang selaras dengan pembangunan nasional.

Fa...

Read More...