ID   EN
Universitas Mercu Buana

Daftar Berita

Kegemaranan membuat aplikasi dan program berbasiskan teknologi komputer di kalangan mahasiswa kian marak. Terbukti ajang pameran karya System Informasi ke 3 ini menyedot perhatian mahasiswa. Sedikitnya 42 aplikasi karya mahasiswa hadir dalam pameran.

Pameran aplikasi dan program tersebut digagas Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana. Kegiatan yang mengusung tema Smart City and Future Technology ini merupakan ajang rutin yang memberikan ruang bagi mahasiswa menunjukan rekacipta aplikasi.

“Pada ajang ke 3 ini jumlah peminatnya semakin banyak. Terdapat 42 aplikasi yang d...

Read More...




Setelah berhasil menyabet predikat Akreditasi A dalam pelayanan perpustakaan, tidak membuat unit pelaksana teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) berpuas diri. Lembaga yang khusus menyediakan jasa penyediaan buku dan berbagai bahan literasi perkuliahan itu kembali membuat terobosan, melalui peluncuran BI Corner.

Kepala UPT. Perputakaan UMB, Drs. Budiantoro, MA mengatakan BI – Corner merupakan fasilitas tambahan yang dapat lebih meningkatkan kenyamaan bagi penggunan jasa perpustakaan UMB. Karena BI Corner menyediakan ruang membaca yang lebih modern dan didukung...

Read More...



PEMIKIRAN KARTINI MEMPERKUAT PENDIDIKAN INDONESIA

   507    2 min

Pemikiran sosok pendidik, Ki Hajar Dewantara telah mewarnai pola pendidikan Indonesia. Tokoh guru bangsa ini menanamkan pendidikan yang khas Indonesia. Melalui filosofinya yang mengambil nilai-nilai budaya Indonesia, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani.

Selain tokoh tersebut ada sosok pendidikan modern di jaman penjajahan. Dia adalah Raden Ajeng Kartini. Sosok kaum putri dari kalangan priyayi yang lahir di Jepara, tahun 1879. RA Kartini menggagas kesetaraan pendidikan bagi kaum perempuan.

“Hasil pemikiran Kartini secara nyata menempatkan pendidikan kese...

Read More...




PERPUSTAKAAN UMB TERBAIK SE JAKARTA

   513    1 min

Prestasi yang diraih Universitas Mercu Buana makin bertambah panjang. Kini giliran UPT Perpustakaan UMB yang masuk kategori terbaik se Jakarta. Sekaligus berhak menggondol akreditasi A.

“Ini menjadi tantangan bagi kami untuk terus giat melakukan pembenahan. Prestasi sebagai perpustakaan terbaik se Jakarta perlu terus dipertahankan,” kata Kepala UPT Perpustakaan UMB, Drs. Budiantoro, M.Si di ruang kerjanya, kampus UMB, Jakarta, Senin (4/4/16).

Diakuinya bahwa prestasi yang diraih tahun ini perlu kerja keras. Karena kategori penilaian perpustakaan berakreditasi A cukup rumit. Terdapat semb...

Read More...



Mengenang peristiwa di tahun 1965-1966 terasa sangat menggetarkan batin. Sebuah peristiwa yang menggambarkan perjuangan rakyat Indonesia mempertahankan ideologi PANCASILA, dengan mengorbankan jiwa raga. Momentum mempertahankan PANCASILA itu merupakan karya nyata dari keputusan politik Presiden Soekarno menerbitkan Surat Perintah 11 Maret 1966 yang kemudian lebih dikenal SUPERSEMAR.

“Saya ingin menegaskan Supersemar merupakan payung hukum yang fundamental bagi tegaknya INDONESIA. Karena melalui Supersemar inilah awal sikap politik INDONESIA semakin tampak, menolak ideologi KOMUN...

Read More...




78 PEJABAT UMB MENGIKUTI PELATIHAN SKPI

   527    1 min

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) adalah dokumen yang berisikan informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan bergelar. Dasar hukum SKPI mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 81 Tahun 2014: Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi.

Dengan kenyataan tersebut dapat dipastikan SKPI menjadi sangat strategis bagi setiap calon sarjana. Maka perlu memberikan pengenalan lebih dalam terhadap SKPI.

“Pelatihan SKPI ini bertahap. Pada tingkat awal kalangan struktural kampus harus memahami benar SKPI...

Read More...



1200 PUTRA DAERAH BERKOMPETISI RAIH BEASISWA UMB

   553    2 min

Komitmen Universitas Mercu Buana memperluas akses pendidikan bagi putra-putri di luar Jawa kian terbukti. Melalui program penjaringan beasiswa putra daerah berprestasi. Setidaknya 10 putra dan putri dari sejumlah daerah di luar Jawa menikmati program tersebut.

Direktur Pemasaran Reguler UMB, Dr. M Mukti Ali menegaskan pemberian beasiswa bagi putra-putri daerah sebagai bukti semangat Mercu Buana memperluas pemenuhan pendidikan berkualitas di daerah. Sehingga putra-putri di luar pulau Jawa mendapatkan pendidikan yang sama.

“Total calon penerima beasiswa itu sebanyak 1200 orang dari berbaga...

Read More...