ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Webinar Perpustakaan Universitas Mercu Buana Ungkap Strategi Pencegahan Plagiarisme

   490    2 min

Dalam rangka meningkatkan kualitas karya ilmiah dan integritas akademik, Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan webinar bertema "Strategi Pencegahan Plagiarisme dalam Peningkatan Kualitas Karya Ilmiah Dosen dan Mahasiswa".

Acara ini diadakan secara online melalui virtual Zoom dan live streaming Youtube Perpustakaan UMB, dengan jumlah peserta yang registrasi sebanyak 699 peserta. Hadir dalam webinar tersebut Wakil Rektor Bidang Sumber Daya, Rizki Briandana, M.Comm., Ph.D., Kepala Perpustakaan UMB, M. Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum, dengan narasumber yaitu Koor. Repository Institusi & Otomasi Perpustakaan Universitas Indonesia, Sony Pawoko, S.Sos., M. T. I.

Rizki membuka acara webinar dan mengharapkan acara ini dapat memberikan rekan mahasiswa, dosen atau peserta dari luar UMB untuk dapat memperoleh materi dan manfaat nya sehingga dapat di implementasikan dalam penulisan karya ilmiah.

Plagiarisme, pengambilan karya atau ide orang lain tanpa izin atau pengakuan yang layak, telah lama menjadi masalah serius di lingkungan akademik. Perpustakaan Universitas Mercu Buana mengambil inisiatif ini sebagai upaya untuk mengedukasi komunitas akademik tentang pentingnya orisinalitas dan bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk mendukung penciptaan karya ilmiah yang etis.

“Kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang ke-3 kali dilakukan, kami mengambil tema ini karena dalam dunia akademik orisinalitas menjadi pondasi yang penting dimana plagiarisme dapat merusak kredibilitas penulis, acara ini bertujuan untuk menjelaskan perihal plagiarisme, menyampaikan tips-tips dalam penulisan karya ilmiah, dan lain sebagainya”, ujar Arif (20/02).

Selain itu, narasumber juga menekankan pentingnya pendidikan dan pelatihan tentang cara mengutip sumber secara tepat dan etika penulisan. "Terdapat berbagai bentuk plagiarisme salah satu nya copy & paste tanpa menyebutkan sumbernya sengaja maupun tidak sengaja, sebagian maupun keseluruhan, copy paste boleh asal kita menyebutkan sumbernya”, ujar Sony.

Mahasiswa dan peserta webinar lainnya yang mengikuti webinar ini diberikan kesempatan untuk bertanya dan berdiskusi langsung dengan pembicara, membuat sesi interaktif ini menjadi sangat informatif. Banyak peserta mengungkapkan apresiasi mereka atas inisiatif ini dan berharap akan ada lebih banyak kegiatan serupa di masa depan.

Acara ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk melanjutkan upaya dalam mempromosikan integritas akademik dan mencegah plagiarisme untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penulisan karya tulis ilmiah di Indonesia.



Next PostPrevious Post