ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

GALI PENGALAMAN DARI PELAKU START UP

   1218    3 min

UMB Campus Talk Monthly Event part 8 mengusung tema “Set Up Your Mind To Be Young Entrepreneur” bekerja sama dengan OZ Pedia Campus To Campus dengan menghadirkan narasumber Dhydha Maryudha (Owner of Kopi Sagaleh)dan Nisa An Nashr (Owner of Beach Wear Vrouwen).UMB Campus Talk edisi kali inimemberikan edukasi mengenai bagaimana menjadi pengusaha dengan memanfaatkan hobi dan sosial media yang saat ini berkembang. Kegiatan ini diikuti 120 peserta mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mercu Buana, bertempat di Auditorium Prof. Harun Zein, kemarin.

Tema yang diusung dalam campus talk part 8 ini bertujuan Memberikan pemahaman mengenai bagaimana memanfaatkan sesuatu untuk dijadikan peluang usaha sesuai dengan pengalaman. Memberikan pemahaman untuk membangun usaha dari Hobi yang di sukai. Cara mempertahankan dan mengelola usaha yang sudah di jalankan. Cara memanfaatkan sosial media dan platfrom untuk peluang usaha. (contohnya, ekspedisi, aplikasi online lain untuk mempermudah pengiriman).

Pada sesi pertama membahas seputaran Edukasi Brand Product J&T EXPRESS, yang disampaikan oleh Calvin Herryson perwakilan dari jajaran manajemen J&T, memaparkan
berpikir sejak dini untuk menjadi pengusaha muda akan mendorong kreativitas dengan menerapkan pola pikir kewirausahaan akan membantu Anda di bidang lain dalam hidup Anda seperti Stay Positive, Berani Gagal, Fokus, Siap Kerja Keras, Konsisten dan Sabar serta memiliki Komitmen oleh sebab itu temukan lah peluang baik dari bisnis offline dan online. Beliau berpesan Happiness depends on your mindset and attitude, Your happiness affects the state of your business. Setelah itu sesi dua oleh Dhydha Maryudha (Owner of Kopi Sagaleh) membahas tentang pengalaman wirausaha yang meniti karir dari nol sampai bisa sukses dan menjadi pengusaha muda.

Pemilik Kedai Kopi Sagaleh dengan taglinenya "Kopi lokal yang merakyat & membumi" memaparkan Sagaleh memulai usahanya pada bulan April 2017 di rumah pribadi di area Kebayoran Baru - Jakarta Selatan. Saat itu promosi SAGALEH sepenuhnya dilakukan pada media digital yaitu Instagram, Path, Whatsapp dan LINE, dan pada saat itu pembelian hanya dapat dibeli secara Online melalui salah satu penyedia jasa transportasi online.

Pada awalnya SAGALEH hanya menjual 1 (satu) menu saja yaitu Sagaleh Es Kopi Susu, perpaduan dari Sagaleh House Blend (70% arabica & 30% robusta) dengan susu UHT dan gula cair resep keluarga. Kopi yang dibuat menggunakan metode manual brew yaitu menggunakan mokapot. Dimana penggunaan mokapot ini dapat menghasilkan rasa kopi yang sangat khas. Apa yang berbuat Sagaleh berbeda? Dengan mengusung tema “Merakyat dan Membumi”, Sagaleh menyajikan menu-menu yang terbuat dari bahan baku lokal dengan harga yang merakyat di kantong masyarakat.

Kemudian dengan pemilihan biji kopi dan pembuatan kopi dengan menggunakan mokapot (manual brew) dan gula racikan resep keluarga yang menghasilkan cita rasa yang berbeda dan khas pada ‘I Our Signature Es Kopi Susu’. Selain itu, dengan mengusung konsep merakyat dan membumi, kami menjalin hubungan yang hangat dengan Kawan Sagaleh.

Pada sesi ketiga Narasumber E-Commerce Nisa An Nashr (Owner of Beach Wear Vrouwen) membahas tentang usaha di bidang online,di usia muda sampai bisa berpenghasila besar dan sukses. Campus Talk ini merupakan program bulanan yang dilakukan Biro Sekretariat dan Humas UMB dengan mengusung tema popular. Dalam pembahasannya menyajikan pembicara yang kredibel, sehingga mahasiswa dapat memahami persoalan dari sisi keilmuan dan realitas persoalannya. Penyampaian materi ini tidak bersifat formal. Jadi pemateri bisa berdiskusi dan sharing dengan peserta. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id / [email protected] )



Next PostPrevious Post