ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Workshop dan Pelatihan Akses E-Journal Proquest, Proquest E-Book Central dan E-Journal Gale Cencage

   752    2 min

Biro Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan Webinar Literasi Informasi dengan tema “Workshop dan Pelatihan Akses E-Resource Perpustakaan UMB: E-Journal Proquest, Proquest E-Book Central dan E-Journal Gale Cencage” pada 21 Desember 2023 melalui Zoom Meeting.

Kegiatan ini merupakan webinar yang kedua kalinya dilaksanakan selama tahun akademik 2023/2024.

Webinar ini diikuti oleh 982 peserta yang terdiri dari 963 mahasiswa dan 19 dosen. Peserta berasal dari seluruh kampus yang ada di UMB.

E-Journal dan E-Book Proquest merupakan database online yang berisikan berbagai bidang multidisiplin ilmu dan kurang lebih 2600 universitas di seluruh dunia dan 9000 penerbit bekerja sama dengan E-Journal dan E-Book Proquest.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Pembelajaran dan Ristek, Dr. Erna Setiany, SE, M.Si

“Saya mengapresiasi sekali kegiatan seperti ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk support dalam Tridarma kita bukan hanya untuk pengajaran tapi juga untuk penelitian dan pengabdian sekarang juga harus berbasis riset. Berarti sumber – sumber keilmuan yang ada di perpustakaan harus lebih banyak lagi diakses oleh rekan – rekan mahasiswa dan bapak ibu dosen”, ujar Erna dalam sambutannya.

“Perpustakaan UMB sudah bekerja sama untuk berlangganan E-Journal Proquest selama lebih dari 10 tahun. Hal tersebut dikarenakan konten yang tersedia lengkap dan mencakup berbagai bidang disiplin ilmu, dan statistik akses yang relatif tinggi dari para mahasiswa dan dosen Universitas Mercu Buana. Sedangkan untuk Gale Cencage sendiri sudah berlangganan lebih dari 3 tahun”, terang Kepala Perpustakaan UMB, M. Arif Budiyanto, M.Hum dalam sambutannya.

Terdapat pemaparan materi webinar oleh Ie Chiau yang merupakan perwakilan dari Proquest Indonesia yang menyampaikan bagaimana cara akses dan download E-Journal dan E-Book Proquest dan Okkie S. Budiman, Marketing Executive Gale Cencage yang menyampaikan E-Journal Gale Cengage.

Arif juga menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara mengakses dan mendownload E-Journal dan E-Book Proquest yaitu bagaimana mengakses dengan mudah, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di E-Journal dan E-Book Proquest dan di E-Journal Gale Cancage.

“Yang kedua untuk meningkatkan jumlah akses dan download baik konten artikel di E-Journal maupun konten dalam E-Book, sehingga akan terus dilanggan dan bisa diakses oleh seluruh civitas Universitas Mercu Buana. Dan ketiga untuk memberikan rujukan konten-konten ilmiah baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa, sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik yang sedang populer saat ini”, tambah Arif.



Next PostPrevious Post