ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal dan E-Book Proquest

   837    2 min

Biro Perpustakaan Universitas Mercu Buana mengadakan Webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal dan E-Book Proquest dengan tema “Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal dan E-Book Proquest” pada 08 Desember 2022 secara online melalui Zoom Meeting.

Webinar ini diikuti oleh 750 peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen civitas serta berasal dari seluruh kampus baik di pusat maupun dari kampus cabang Universitas Mercu Buana yang hadir.

E-Journal dan E-Book Proquest merupakan database online yang berisikan berbagai bidang multidisiplin ilmu dan kurang lebih 2600 universitas di seluruh dunia dan 9000 penerbit bekerja sama dengan E-Journal dan E-Book Proquest.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala Biro Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, S.Kom., M.Hum.

“Perpustakaan Universitas Mercu Buana sudah bekerjasama untuk berlangganan E-Journal Proquest selama lebih dari 10 tahun. Hal tersebut dikarenakan konten yang tersedia lengkap dan mencakup berbagai bidang disiplin ilmu, dan statistik akses yang relatif tinggi dari para mahasiswa dan dosen Universitas Mercu Buana”, terang Arif.

Terdapat pemaparan materi webinar oleh Ie Chiau yang merupakan perwakilan dari Proquest Indonesia. Materi yang disampaikan mengenai bagaimana cara akses dan download E-Journal dan E-Book Proquest kepada para peserta.

Arif juga menjelaskan tujuan kegiatan ini yaitu untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara mengakses dan mendownload E-Journal dan E-Book Proquest yaitu bagaimana mengakses dengan mudah, menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di E-Journal dan E-Book Proquest.

“Yang kedua untuk meningkatkan jumlah akses dan download baik konten artikel di E-Journal maupun konten dalam E-Book, sehingga akan terus dilanggan dan bisa diakses oleh seluruh civitas Universitas Mercu Buana. Dan ketiga untuk memberikan rujukan konten-konten ilmiah baik dalam bidang pengajaran maupun penelitian dikalangan dosen dan mahasiswa, sehingga karya ilmiah yang dihasilkan lebih berbobot dan bermanfaat sesuai dengan tema atau topik yang sedang populer saat ini”, tambah Arif.

Lebih dari 10 pertanyaan yang di jawab oleh pemateri dan dibantu juga oleh Arif terkait kebijakan akses dan penyebaran user password akses E-Journal dan E-Book Proquest kepada para peserta webinar.



Next PostPrevious Post