ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

UMB LESTARIKAN PENCAK SILAT LEWAT AJANG INTERNASIONAL

   1521    1 min

Penayangan video peserta lomba "World Festival Pencak Silat Seni Open Virtual" yang ditayangkan melalui aplikasi Youtube

Pencak silat sebagai seni bela diri asli Indonesia sudah dikenal masyarakat di seluruh dunia. Terbukti dengan adanya organisasi silat yang tumbuh di berbagai negara. Tidak hanya sebagai seni bela diri semata, pencak silat juga bagian dari identitas kebangsaan, sehingga pencak silat mampu menjadi sarana memperluas khasanah kekayaan bangsa Indonesia.

Meskipun keadaan pandemi Covid-19 masih belum usai, UKM Pencak Silat Merpati Putih UMB tetap produktif dan kreatif dalam mengembangkan pencak silat di dunia internasional. Dengan menggandeng Persilat IPSF sukses menggelar ajang berskala internasional yang bertajuk "World Festival Pencak Silat Seni Open Virtual".

Kejuaraan ini diadakan pada 21 - 23 Desember 2020 melalui live YouTube. Terbuka bagi 300 orang peserta nasional dan internasional yang terdiri dari dewasa, remaja, pra remaja dan usia dini dengan kategori seni tradisional.

Setiap peserta diharuskan membuat video gerak seni silat tangan kosong maupun menggunakan senjata berdurasi 3 menit lalu direkam dan dikirim via online.

Rektor Universitas Mercu Buana - Prof. Dr. Ngadino Surip mengatakan, kejuaraan pencak silat ini merupakan upaya untuk mewariskan pencak silat kepada generasi muda lintas negara.

"Harapan saya, pencak silat mampu membawa misi kedamaian yang dapat mempersatukan bangsa - bangsa dimanapun, agar terwujud keharmonisan", jelas Prof. Dr. Ngadino. (penulis : Priyo Wahyudi / editor : Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post