ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

LUNCURKAN 2 INOVASI PEMBELAJARAN SAAT PANDEMI

   482    2 min

Tampilan halaman website Sekolah Parenting

Pandemi Covid-19 membuat semua orang harus menahan diri untuk berkaktifitas di luar rumah, termasuk menghadiri sekolah, seminar dan pelatihan.

Melihat fenomena tersebut Muhammad Iqbal, Ph.D yang merupakan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana mencoba membuat inovasi pembelajar daring yang membantu masyarakat dalam mendapatkan pendidikan.

Bersama tim, Muhammad Iqbal yang juga owner Rumah Konseling melihat peluang usaha dan inovasi, khususnya calon pasangan pengantin dan orang tua dalam mendapatkan pendidikan informal, dimana saat pandemi banyak keluarga yang menghadapi masalah dalam pernikahan dan pengasuhan.

Platform pembelajaran yang pertama dibuat adalah kursusnikah.com, platform ini merupakan platform pembelajaran online bagi calon pengantin ataupun yang sudah menikah bagaimana mempersiapkan diri memasuki pernikahan atau yang dikenal dengan kursus pra nikah atau bimbingan perkawinan yang bisa digunakan sebagai mengurus administrasi perkawinan, selain itu platform ini juga menyediakan modul-modul premium tentang pernikahan dan pengasuhan sehingga memudahkan masyarakat dalam merawat pernikahan, mencegah perceraian dan meningkatkan ketahanan keluarga. Beberapa modul yang disediakan adalah tips memilih pasangan, komunikasi harmonis, manajemen konflik, merawat cinta, mengatasi kebosanan dalam rumah tangga, membentuk keluarga bahagia, dan lain-lain.

Kedua adalah platform pembelajaran sekolahparenting.com yang bertujuan untuk membantu orang dalam meningkatkan kualitas pengasuhan, keharmonisan dan ketahanan keluarga. platform sekolahparenting.com menggunakan sistem kulwap yang memberikan edukasi langsung kepada masyarakat sesuai dengan paket modul yang dipilih, bahkan menyediakan sistem belajar selama 1 tahun bersama Muhammad Iqbal dan Tim. Modul-modul yang disediakan sangat sesuai dengan kebutuhan orang tua saat ini seperti psikologi perkembangan anak dan remaja, membentuk anak tangguh, mendidik anak di era di digital, orang tua hebat anak hebat, komunikasi efektif orang tua dan anak, dan lain-lain.

Iqbal mengungkapkan ini merupakan sebuah terobosan yang perlu di apresiasi karena kontribusinya dalam meningkatkan ketahanan keluarga di Indonesia. Psikologi umb selalu memberikan konten-konten yang bermanfaat dalam pengembangan keilmuan psikologi dan ketahanan keluarga.(penulis : Citra Sentosa / editor : Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post