ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Sosialisasi Etika Publikasi dan Kebijakan Plagiarisme Karya Ilmiah

   713    1 min

Dalam upaya institusi Perguruan Tinggi menegakkan integritas akademik dan mencegah terjadinya tindak plagiarism pada kegiatan Tri Dharma Dosen di lingkungan Universitas Mercu Buana, Bagian Publikasi – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Etika Publikasi dan Kebijakan Plagiarisme Karya Ilmiah” pada 28 Maret 2023 lalu di Auditoriun Harun Zain.

Narasumber yang menyampaikan sosialisasi tersebut dari pihak eksternal yaitu Muhammad David Lung dan dari internal Dr. Erna Setiany, SE, M.Si dengan moderator Yananto Mihadi Putra, SE, M.Si. Materi yang disampaikan oleh narasumber mengenai plagiarism spectrum infographic 2.0 – instructor in dan integritas akademik dan pencegahan plagiarism, dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 58 orang dosen.

Menurut Yananto tujuan diadakannya sosialisasi ini agar para dosen dapat mensosialisasikan kepada mahasiswa bahwa Turnitin merupakan sarana pendeteksi similaritas, dan dapat menjadi sarana pembimbingan dalam rangka meningkatkan skill menulis bagi mahasiswa, bukan sebagai alat punishment.

“Turnitin akan mengukur tingkat kemiripan makalah yang diperiksa dengan tulisan lainnya. Kemiripan tulisan akan menentukan apakah suatu tulisan itu termasuk plagiasi atau bukan, yang selanjutnya penting untuk dilakukan pembinaan untuk menghindari plagiasi”, tambah Yananto.



Next PostPrevious Post