ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Perpustakaan Universitas Mercu Buana Tingkatkan Kualitas Penelitian dengan Pelatihan E-Journal Emerald

   342    1 min

Biro Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengambil langkah maju dalam meningkatkan standar kualitas riset bagi dosen dan mahasiswanya dengan menggandeng salah satu sumber informasi akademik terkemuka, yaitu database e-journal Emerald.

Kerjasama ini diharapkan akan membuka akses yang lebih luas terhadap literatur riset berkualitas tinggi, memfasilitasi akses terhadap informasi terkini, serta mendukung pertumbuhan akademik di lingkungan kampus.

Hal itu rangkum dalam acara “Pelatihan dan Workshop E-Journal Emerald untuk Meningkatkan Kualitas Penelitian Civitas Akademika Universitas Mercu Buana", yang digelar secara daring dan streaming melalui akun youtube perpustakaan UMB, pada Selasa (30/04).

Dr. Erna Setiany, SE., M.Si, Wakil Rektor UMB Bidang Pembelajaran dan Ristek, dalam sambutannya mengatakan acara daring ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa dan dosen tentang penggunaan database e-journal Emerald, yang menjadi salah satu langganan perpustakaan UMB, dalam rangka memenuhi kebutuhan akademis dan penelitian.

"Ini adalah bagian utama dari tri dharma kita dibidang penelitian, untuk itu mari kita meningkatkan kualitas penelitian dan referensi untuk perkuliahan," kata Erna.

Kepala Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum., menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari program rutin perpustakaan terkait literasi informasi yang sudah dilakukan ke-empat kalinya. Arif juga menyampaikan bahwa kegiatan literasi informasi berikutnya pada bulan Juli 2024 akan membahas tentang repositori.

Dalam sesi pelatihan, Irwan Sukadi, Business Manager Emerald Indonesia, membagikan pengetahuan tentang cara mengakses, mengunduh, dan menyimpan artikel di e-journal Emerald, serta tips untuk mempublikasikan artikel di jurnal internasional.

Webinar ini berhasil menciptakan suasana diskusi yang interaktif antara peserta dan narasumber. Peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 1021 peserta, terdiri dari 1089 mahasiswa dan 32 dosen yang berasal dari berbagai kampus UMB (Kampus Meruya, Menteng, dan Warung Buncit).



Next PostPrevious Post