ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Perdalam Wawasan Industri Media dan Hiburan, UKM Ta’lim Alif Media Visit ke Net TV

   891    2 min

Ta'lim Alif merupakan organisasi mahasiswa yang berada dibawah naungan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana (UMB) dan UKM Al-Faruq yang bergerak di bidang keagamaan.

Kamis (3/8/2023), UKM Talim Alif mengadakan kegiatan Media Visit ke Net.TV dengan mengusung tema "Know About Media & Entertainment Industry Career". Acara ini merupakan pelaksanaan offline pertama setelah sebelumnya dilakukan secara online.

Sebanyak 60 mahasiswa-mahasiswi dari FIKOM UMB turut serta dalam acara tersebut dengan tujuan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang karir dalam industri media dan hiburan melalui kunjungan langsung ke perusahaan terkait.

Septiyan Ryo Aditama selaku Ketua Organisasi Ta’lim Alif mengatakan bahwa acara ini baru terlaksana secara offline periode kali ini, kita ingin memfokuskan ke media digital mengikuti zaman digitalisasi tidak hanya bidang agama.

”Berharap Media Visit seperti ini dapat terus terlaksana di masa mendatang, karena ini tidak hanya berfungsi untuk membangun relasi, tetapi juga memberikan wawasan yang sangat berharga bagi mahasiswa”, ujar Ryo.

Dalam kegiatan Media Visit ini, para mahasiswa mendapat kesempatan belajar dari staff PR Net.TV tentang berbagai aspek industri media. Mereka diperkenalkan dengan Ruang Wardrobe dan Stage Tonight Festival, di mana terdapat cap artis yang pernah berkolaborasi dengan Net.TV.

Selain itu, mereka juga diajak untuk melihat kendaraan van yang digunakan untuk acara liputan, seperti liputan mudik di tol, yang dilengkapi dengan control room pengendali ruangan syuting dan sebagai pengirim sinyal ke studio utama.

Tidak hanya itu, para mahasiswa juga mendapatkan penjelasan tentang Studio Mitra yang terdiri dari tiga studio yaitu Studio A, B, dan C. Mereka diajak untuk mengenal tim produksi TV beserta tugas-tugas mereka serta peralatan yang digunakan dalam produksi TV. Selama kunjungan, mereka juga berkesempatan melihat ruangan launch artis, ruang tunggu artis, dan area make up, memberikan pengalaman berharga tentang cara kerja di balik layar.

Sebagai pengalaman berharga, para mahasiswa juga diikutsertakan menjadi penonton dalam proses pembuatan acara TV Tonight Show Premiere, sehingga dapat memberikan pemahaman lebih mendalam tentang cara kerja di balik layar.

"Teman-teman mahasiswa sangat antusias mengikuti kegiatan ini, aktif bertanya mengenai Net.TV terutama tentang acara Gasskeun, program baru Net.TV. Semoga di masa depan kita dapat membuka lebih banyak kunjungan untuk para penasaran dengan dunia televisi. Di Net.TV, juga terbuka kesempatan magang melalui dua jalur, yaitu jalur Reguler dan MSIB”, ujar Muhammad Buhti Khalif Perdana, selaku Staff PR Net.TV.

Acara Media Visit ini memberikan peluang berharga bagi mahasiswa-mahasiswi UMB untuk mendapatkan wawasan langsung tentang industri media dan hiburan serta memperluas peluang karir di dunia televisi. Semoga kegiatan serupa akan terus dilaksanakan untuk menunjang pengembangan kreativitas dan pengetahuan mahasiswa di bidang komunikasi dan hiburan.

Kesuksesan Media Visit kali ini membuktikan komitmen para mahasiswa dan perusahaan media dalam memahami serta menerapkan tren digitalisasi dalam industri media. Program ini diharapkan akan menjadi langkah awal untuk memperluas wawasan dan keterampilan mahasiswa dalam menghadapi tantangan zaman digital yang terus berkembang.



Next PostPrevious Post