ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Keberhasilan Salman dan Amira dalam English Debate Competition UNAS Fest 2022

   697    2 min

UNAS Fest merupakan event tahunan yang diselenggarakan dalam menyambut ulang tahun Universitas Nasional. Terdapat beberapa lomba yang diadakan diantaranya yaitu Lomba karya tulis ilmiah, kompetisi debat Bahasa Indonesia, dan English debate competition, yang dilaksanakan pada 5-12 Desember 2022.

Diikuti oleh 13 Universitas salah satunya UKM MBEC Universitas Mercu Buana. Salman Izzuddin dan Amira Zahra menjadi perwakilan MBEC dalam English debate competition

“Anggap debat itu sebagai sebuah permainan yang mana kita medapatkan poin dan mencoba untuk meraih poin lebih banyak daripada tim-tim lain. Jadi dalam debat ini sistemnya adalah British Parlimentary System, ada 4 tim dalam sekali debat, satu lawan satu. Masing-masing tim ini meraih poin sebanyak-banyaknya dan yang meraih poin lebih banyak itu yang menang”, kata Salman.

Ada dua aspek penting dalam mengikuti lomba debat ini yaitu aspek teknik dan aspek krisis. Aspek teknis yaitu bagaimana cara memainkan peran masing-masing, first speaker dan second speaker. Semuanya mempunyai peran masing-masing. Tak hanya berdebat saja dan mengeluarkan argumen. Namun juga bagaimana cara menyusun argumen, menyerang argumen lawan, dan mempertahankan argumen tim dengan baik.

“Karena ini adalah pertama kali debat offline jadi sediki gugup, terus karena belum terlalu paham sama temanya, jadi sulit untuk mengeluarkan pendapat, apalagi degan topik yang kurang dipahami”, ujar Amira.

Hampir sama dengan Amira, ini adalah debat offline pertama bagi Salman. Atmosfer podium debat offine berbeda dengan debat online yang sering mereka lakukan. Banyak orang yang meyaksikan membuatnya gugup , namun hanya awal 2-3 menit, tapi seiring berjalannya waktu rasa gugup itu hilang.

Para senior MBEC juga banyak memberikan arahan pada Salman dan Amira mengenai bagaimana menjadi first speaker dan second speaker dengan argumen yang kuat serta memberi tahu kunci-kunci materi yang disesuaikan dengan tema debat ini “Indonesia in Anticipating the Impact of Global Food Crisis”.

Usaha tidak mengkhianati hasil, dengan persiapan dan latihan yang matang Salman dan Amira berhasil meraih juara 2 dalam English debate competition UNAS 2022.



Next PostPrevious Post