ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Webinar Sosialisasi Pemanfaatan Repository dan Layanan Pengguna Perpustakaan

   684    2 min

Perpustakaan Universitas Mercu Buana (UMB) mengadakan webinar yang keempat kalinya pada tahun akademik 2022/2023 secara online melalui Zoom. Kali ini webinar yang diadakan dengan tema “Sosialisasi Pemanfaatan Repository dan Layanan Pengguna Perpustakaan” (30/3).

Webinar ini diikuti oleh sebanyak 774 peserta dengan rincian 771 mahasiswa dan dosen 3 peserta. Rencananya webinar kelima akan diadakan pada bulan Mei dengan tema sosialisasi pemanfaatan dan cara akses e-jurnal emerald.

Pemateri dalam webinar kali ini yaitu Kepala Perpustakaan UMB, Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum dan Kasubag Layanan Perpustakaan UMB, Danang Nur Cahyadi, S.IP.

Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum menyampaikan mengenai repository, cara mengakses dan mengunduh bahan digital yang ada di repository. Repository di UMB dikembangkan mulai tahun 2018 sampai saat ini menggunakan aplikasi opensource yang dikembangkan oleh School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton, Inggris. Menduduki peringkat 7 nasional Perguruan Tinggi di Indonesia dan peringkat 1 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Repository ini digunakan untuk menyimpan karya ilmiah dan karya lainnya seperti: tugas akhir mahasiswa, e-book karya dosen, laporan penelitian, jurnal dan masih banyak lagi.

Sedangkan pemateri Danang Nur Cahyadi, S.IP menjelaskan mengenai layanan pengguna perpustakaan baik layanan online maupun offline dan bagaimana cara mendapatkan layanan tersebut.

Muhammad Arif Budiyanto, M.Hum menyampaikan dalam sambutannya bahwa tema webinar ini adalah usulan dari para peserta webinar sebelumnya.

“Webinar ini bertujuan untuk menyampaikan perihal pengetahuan dasar cara akses bagaimana cara mengunduh atau download repository tugas akhir yaitu bagaimana mengakses dengan mudah menggunakan dan memanfaatkan secara tepat dan maksimal semua konten yang ada di repository UMB, yang kedua terkait dengan layanan dan kunjungan untuk meningkatkan jumlah akses repository dan meningkatkan jumlah kunjungan perpustakaan, harapan kami dengan adanya sosialisasi ini jumlah akses repository dan kunjungan perpustakaan meningkat, yang ketiga memberikan informasi kepada para peserta perihal layanan apa saja yang ada di perpustakaan baik layanan online maupun offline dan cara bagaimana mendapatkan layanan tersebut”, jelas Arif.

Selanjutnya, Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Ristek, Dr. Harwikarya, MT juga menekankan pentingnya mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan membaca jurnal dan text book. Karena tugas-tugas yang diberikan oleh dosen masih relevan dengan membaca text book yang ada diperpustakaan.



Next PostPrevious Post