Pendidikan

Universitas Mercu Buana Wisuda 2.540 Wisudawan dan Wisudawati, Rektor Ingatkan Nilai Kearifan Lokal

Di acara wisuda yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (21/12/2022), Universitas Mercu Buana meluluskan 2.540 wisudawan dan wisudawati.

Dokumentasi Universias Mercu Buana
Wisuda Universitas Mercu Buana meluluskan 2.540 wisudawan dan wisudawati yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (21/12/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Di tengah isu globalisasi yang masif, local wisdom atau kearifan lokal menjadi instrumen penting bagi bangsa untuk tetap bertahan ditengah masyarakat dunia yang semakin kompetitif.

Kearifan lokal dalam bentuk nilai-nilai moral, tradisi dan budaya menjadi identitas penting ditengah pergaulan global.

Demikian pesan yang disampaikan Prof Dr Andi Andriansyah, Rektor Universias Mercu Buana (UMB), saat Wisuda Diploma LII, Sarjana LVI, Magister XLIII, dan Doktor V Tahun Akademik 2022/2023.

Baca juga: Rayakan Dies Natalis ke-37, Universitas Mercu Buana Semakin Mantap Menuju World Class University

Baca juga: Universitas Mercu Buana Gelar Festival UMB ke-14, Adakan Lomba, Webinar untuk Guru dan Pameran Foto

"Nilai-nilai kearifan lokal dalam bentuk nilai-nilai moral menjadi instumen penting di tengah arus global akibat kemajuan teknologi informasi," kata Andi Andriansyah.

Menurutnya, lokalitas nilai budaya tidak bertentangan dengan globalisasi dan justru berlaku sebaliknya.

Keduanya dapat berkolaborasi dalam mendorong kesejahteraan kehidupan manusia.

Wisuda Universitas Mercu Buana meluluskan 2.540 wisudawan dan wisudawati yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (21/12/2022).
Wisuda Universitas Mercu Buana meluluskan 2.540 wisudawan dan wisudawati yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Rabu (21/12/2022). (Dokumentasi Universias Mercu Buana)

"Kemajuan teknologi informasi atau internet memungkinkan setiap individu melakukan aktivitas dengan skill dan kapasitas global dengan mindset kearifan lokal," ujar Andi Andriansyah.

Di acara wisuda yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Rabu (21/12/2022), Universitas Mercu Buana meluluskan 2.540 wisudawan dan wisudawati.

Mereka terdiri dari 10 wisudawan-wisudawati program Diploma, 2.264 wisudawan-wisudawati program Sarjana, 262 wisudawan-wisudawati program Magister dan 4 wisudawan program Doktoral.

Baca juga: Universitas Mercu Buana Raih Peringkat ke-3 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik se-DKI Jakarta

Baca juga: Universitas Mercu Buana Gelar Pelatihan Public Speaking, Diikuti 50 Guru Daerah Terluar Indonesia

Tampil sebagai wisudawan terbaik adalah Muhammad Bilal Asshogiri dari Program Studi Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,96 dengan total skor prestasi 92,50.

Sesuai tema wisuda, yaitu Berpijak pada Nilai Kearifan Budaya, Menyambut Generasi Merdeka, Universitas Mercu Buana yang didirikan (alm) Probosutedjo ini merupakan perguruan tinggi yang tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahun saja.

Universitas Mercu Buana juga mengikuti perkembangan zaman, serta mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral yang diambil dari kearifan lokal.

Baca juga: Profesor Peneliti Robot Berbasis Perilaku Dilantik Menjadi Rektor Universitas Mercu Buana Jakarta

Baca juga: Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Universitas Mercu Buana: Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

"Universitas Mercu Buana harus menyediakan kualitas pendidikan yang baik," kata Andi Andriansyah.

"Mercu Buana juga mampu memberikan pendidikan watak yang baik mengiringi pendidikan keilmuan," lanjut profesor peneliti Robot Humanoid itu mengutip pesan pendiri UMB.

BERITATERKAIT
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2024 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved