UMB Siap Hadapi Tantangan Era Industri Berbasis Teknologi Digital

UMB Siap Hadapi Tantangan Era Industri Berbasis Teknologi Digital
Rektor Universitas Mercu Buana Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng berpesan kepada anak didiknya agar mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dunia kerja dalam industri berbasis teknologi digital. Foto: dok. UMB

jpnn.com, JAKARTA - Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng berpesan kepada anak didiknya agar mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dunia kerja dalam industri berbasis teknologi digital. 

Dia menyampaikan pesan itu saat Wisuda Diploma ke LIII, Sarjana ke LVIII, dan Magister ke XLIV Tahun Akademik 2022/2023 di ICE BSD pada Rabu (8/3).

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang makin canggih dan kecerdasan buatan yang makin masif telah mengubah tata cara manusia berkompetisi.

Saat ini persaingan tidak lagi hanya antarmanusia, tetapi juga melibatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sebagai pesaing baru.

AI telah menggantikan beberapa aktivitas manusia seperti proses produksi, pemrosesan data, customer service, pemantauan dan pengawasan, serta keuangan.

Dia mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan, di antara belajar, berkolaborasi, dan berbagi, serta berpikir kreatif dan inovatif.

"Hal ini untuk menemukan solusi baru dalam menghadapi tantangan di industri berbasis teknologi digital," kata Prof. Dr. Andi Adriansyah, M. Eng.

Sebagai universitas yang didorong Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) menjadi World Class University, UMB menyadari bahwa teknologi tidak selalu menggantikan pekerjaan manusia secara total, melainkan lebih membantu dan memperluas kemampuan manusia.

Universitas Mercu Buana (UMB) siap menghadapi tantangan era industri berbasis teknologi digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News