ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Fasilitasi Mahasiswa Melalui Media Stocklab

   2040    3 min

Galeri Investasi BEI & VAS Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab”. Kegiatan seminar dihadiri Regional Development Division Indonesia Stock Exchange, Hendra Pamungkas Jovianto, Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Dr. Harnovinsah, Kepala GI BEI UMB, Iwan Firdaus S.Kom,MM, Ibu Asri Haryani dan Farhan perwakilan dari MNC Sekuritas, 140 mahasiswa Fakultas Ekonomi & Bisnisbertempat di Aula Gedung Rektorat lantai 2 Universitas Mercu Buana Jakarta.

Stocklab merupakan sebuah permainan kartu pengenalan pasar modal yang dimainkan oleh dua hingga lima orang pemain. Dalam permainan ini terdapat berbagai macam informasi dan pengenalan terhadap pasar modal. Stocklab tersendiri dari beberapa kartu, di antaranya kartu saham, kartu emiten, dan kartu aksi. Permainan ini pun mengenalkan para pesertanya kepada rumor yang bisa menjadi sentimen pergerakan suatu saham. Melalui permainan stocklab para pesertanya diharapkan tak hanya mengenal cara bermain saham, tetapi juga berbagai istilah dunia pasar modal serta sentiment-sentiment yang bisa mempengaruhi pergerakan saham.

Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis Dr. Harnovinsah dalam sambutan pembukaan kegiatan Seminar Pasar Modal memaparkan para peserta Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab” bermain sekaligus mendapatkan ilmu melalui kegiatan fun melalui Stocklab ini akan menambah pengetahuan dan nilai tambah bagi mahasiswa FEB UMB sehingga menambah peluang pasar pekerjaan lebih luas baik dari sisi saham, oblikasi dan pasar modal karena mahasiswa pasar modal perguruan tinggi saat ini tidak hanya konvensional hanya paham teori tapi juga paham pelaksanaannya dalam dunia industri karena saat masuk dunia kerja harus sudah menguasai dunia kerja sebenarnya. Semoga dengan adanya Seminar Pasar Modal mengenai Pengenalan Saham Melalui Media Stocklab “Fun Stock With Stocklab” ini semakin banyak anggota KSPM UMB dan ilmunya pun bertambah, FEB UMB juga memfasilitasi mahasiswa melalui tax center, gallery investasy untuk bebas memilih dapat berkecimpung di dunia pasar modal terserah mahasiswa tertarik yang mana untuk kedepannya . Diakhir sambutanya Dr. Harnovinsah berpesan sebagai mahasiswa milenial harus banyak baca dan banyak analisis sehingga dapat meningkatkan skill anda dimasa mendatang.

Kepala GI BEI UMB, Iwan Firdaus S.Kom,MM menjelasakan tujuan dari kegiatan seminar Stocklab kali ini adalah memperkenalkan Stocklab kepada mahasiswa, memberikan edukasi tentang stocklab kepada mahasiswa, memperluas sudut pandang, pemahaman serta wawasan kepada mahasiswa mengenai saham melalui media stocklab.

Materi Investasi di Pasar Modal Indonesia dibawakan oleh Regional Development Division Indonesia Stock Exchange, Hendra Pamungkas Jovianto. Dalam paparan materinya mejelaskan Sekeliling Kita Penuh Dengan Perusahaan Go Public yang Siap dimiliki. 612 Emiten, & terus bertambah. Konsep Uang Menurut Waktu, Ilustrasi Perkembangan Harga McD dan Indomie

Bagaimana dengan Investasi? Investasi adalah mengelola aset/harta sehingga asset/harta tersebut dapat memberikan hasil di kemudian hari. Mengapa kita harus tetap investasi? Biaya hidup dan gaya hidup semakin meningkat padahal pendapatan rutin yang diperoleh cenderung tidak mengalami banyak peningkatan karena pengaruh inflasi. Survei Biaya Hidup (SBH) 2012 dari 82 kota di Indonesia menunjukkan bahwa Jakarta merupakan kota dengan biaya hidup (nilai konsumsi rumah tangga) tertinggi, yakni Rp7.500.726 per bulan dengan rata-rata jumlah anggota 4 orang per rumah tangga.

Dengan bertambahnya kebutuhan keluarga, sepertinya sudah saatnya bagi para orangtua untuk menambah penghasilan mereka di luar pekerjaan tetap. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan Berinvestasi. Pasar Modal merupakan tempat bertemunya pihak yang perlu dana jangka panjang dengan pihak yang perlu investasi pada instrumen finansial Melalui Instrumen Finansial seperti Saham, Obligasi, Reksa Dana, dll. Manfaat Pasar Modal Bagi Masyarakat Penciptaan lapangan kerja/profesi, Bagi Investor Sarana investasi, Bagi Emiten Penyebaran kepemilikan ke seluruh lapisan masyarakat, Bagi Pengusaha Sumber pembiayaan, Bagi Negara Keterbukaan & profesionalisme, iklim usaha yang sehat. Jumlah investor Indonesia masih 0.283% dari total penduduk Indonesia. Investasi Saham = Membeli Aset dalam Bentuk Saham/ Kepemilikkan Perusahaan. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus (continue) atau dengan kata lain merupakan proses menurunnya nilai uang secara terus menerus. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id / [email protected] )



Next PostPrevious Post