ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

TAUSIYAH SAMBUT RAMADHAN

   194    2 min

Tausiyah Menyambut Bulan Suci Ramadhan Melalui Aplikasi Youtube Chanel Humas UMB

Tidak terasa pandemi Covid-19 yang melanda di banyak negara termasuk Indonesia sudah setahun lamanya belum juga berakhir. Namun kita akan segera memasuki bulan Ramadhan yang kedua kalinya ditengah suasana pandemi. Walaupun dengan adanya pandemi di saat bulan Ramadhan ini, kita semua harus tetap menjalankan aktivitas dengan penuh semangat, kreatif dan produktif.

Untuk itulah Universitas Mercu Buana mengadakan tausiyah menyambut bulan suci Ramadhan yang merupakan kegiatan rutin tahunan. Hanya saja untuk kali ini diadakan secara virtual melalui aplikasi Youtube secara langsung yang bertempat di studio Multimedia (12/04/2021).

Tausiyah pada tahun ini mengusung tema “Spirit Ramadhan di Tengah Pandemi Untuk Tetap Sehat dan Produktif”, yang disampaikan oleh narasumber Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, MA (Menteri Agama RI periode 2001-2004).

Puasa tidak menjadikan halangan bagi kita untuk bermalas-malasan dalam bekerja. Bekerja itu juga termasuk ibadah dan ibadah itu akan mendapat pahala dari Allah SWT jika dilakukan dengan niat yang baik dan selama bekerja tetap melakukan kebaikan.

Prof. Said Agil mengatakan dalam tausiyahnya bahwa, Ibadah puasa ini akan mencetak orang – orang yang bertakwa. Banyak ciri dari orang – orang bertakwa yang disebutkan dalam Al-Qur’an yaitu : orang yang bertakwa tidak pernah merasa puas dengan keilmuan yang dimiliki dan terus menuntut ilmu kemana saja bahkan sampai ke liang lahat, orang yang apabila melakukan kesalahan segera bertaubat kepada Allah SWT, orang yang bisa membedakan mana yang baik mana yang tidak baik. Dan Allah juga akan memberikan ganjaran pahala bagi mereka yang bertakwa dan akan menghapus dosa dan kesalahannya.

“Mari kita jadikan momen Ramadhan ini sebagai penguat keimanan dan ketakwaan kita sekaligus memperkuat kepedulian kita terhadap sesama makhluk ciptaan-Nya, sebagaimana banyak riwayat yang menjelaskan bahwa ibadah puasa adalah ibadah khusus dan istimewa karena tidak hanya menempa diri menjadi pribadi yang meningkat kesolehannya tetapi juga membantu membentuk diri menjadi pribadi yang memiliki kepekaan sosial”, jelas Rektor UMB – Prof. Ngadino Surip dalam sambutannya. ( penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Previous Post