ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

SOSIALISASI PROGRAM PRIORITAS RISET NASIONAL DAN PENCAPAIAN JURNAL

   84    2 min

Pemaparan materi oleh Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual BRIN – Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST.,M.Eng.,IPU

Kemenristek BRIN (Badan Riset dan Inovasi Nasional) menyelenggarakan Sosialisasi Program Riset Nasional, HKI dan Jurnal yang dikoordinir oleh Direktorat Ristek , Publikasi dan Kerjasama Dalam Negeri Universitas Mercu Buana pada 11 Desember 2020 melalui aplikasi zoom. Narasumber pada acara tersebut yaitu : Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual BRIN – Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST.,M.Eng.,IPU dan Direktur Pengembangan Teknologi Industri BRIN – Dr. Hotmatua Daulay, M.Eng.,B.Eng.

Direktur Ristek, Publikasi dan Kerjasama Dalam Negeri UMB – Dr. Devi Fitrianah menyampaikan terdapat 400 peserta yang terdiri dari 42 Universitas, 17 Sekolah Tinggi, 15 Politeknik, 8 Institut dan 2 Akademi dari seluruh wilayah Indonesia. “Mudah-mudahan untuk prioritas riset nasional 5 tahun kedepan lebih baik lagi, lebih banyak kontribusi dan keikutsertaan dosen – dosen khususnya dari UMB”, tambah Dr. Devi.

Heri Hermansyah menjelaskan, beberapa penghargaan yang ada di Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual yang produktif dan berkualitas di masa pandemic covid -19 diantaranya : penghargaan HKI produktif HKI yang telah dilisensikan dan dikomersialkan, penghargaan peningkatan kualitas jurnal Indonesia (Insentif Jurnal Internasional Bereputasi dan Insentif Jurnal Nasional Berkualitas Menuju Standard Indeksasi Internasional), anugerah HKI produktif, penjaringan artikel ilmiah berkualitas tinggi dan penghargaan jurnal Indonesia bereputasi Internasional. “Semoga bapak ibu terus produktif, pemerintah memperhatikan dan mengapresiasi produktivitas bapak ibu semua dalam penelitian”, pungkas Heri.

Dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi guna mendukung tercapainya tujuan pembangunan nasional berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, perlu dilakukan riset yang terintegrasi secara nasional. Riset yang terintegrasi secara nasional perlu didukung dengan kemampuan dan kapasitas riset yang kuat dan terarah dengan melakukan sinergi pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi yang dituangkan dalam bentuk rencana induk riset nasional yang selaras dengan perencanaan pembangunan nasional.

Pemaparan materi oleh Direktur Pengembangan Teknologi Industri BRIN – Dr. Hotmatua Daulay, M.Eng.,B.Eng.

“Inti daripada rencana induk riset nasional ini adalah bagaimana kita melakukan riset secara integrasi bukan lagi riset individu – individu, dosen – dosen, peneliti – peneliti bukan juga hanya perguruan tingggi tetapi kita bisa mengintegrasikan riset kita secara nasional”, jelas Hotmatua dalam paparannya. (penulis : Priyo Wahyudi / editor : Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post