Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Andi Adriansyah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Rektor Universitas Mercu Buana (UMB) Andi Adriansyah. Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Siap-Siap, Perubahan Zaman Bakal Mencabut Prinsip Konvensional di Dunia Kerja

Ilham Pratama Putra • 02 November 2022 12:45
Jakarta: Generasi muda diminta lebih siap menghadapi masa depan. Sebab, perubahan di masa depan bisa saja menghilangkan sama sekali prinsip yang dipegang teguh hari ini.
 
"Kalian (generasi muda) akan masuk ke perubahan zaman yang mencabut prinsip konvensional dalam dunia kerja. Bentuknya adalah terjadi perubahan profesi dunia kerja saat ini," kata Rektor Universitas Mercu Buana (UMB), Andi Adriansyah, di UMB Jakarta, Rabu, 2 November 2022.
 
Salah satu contohnya, profesi teller. Andi menyebut dulu profesi tersebut begitu diminati banyak orang dan paling dicari perusahaan bank.
"Namun sekarang sudah tidak begitu, artinya tidak bisa lagi kita secara konvensional ingin menjadi teller karena sebagain bank sudah lari ke digital bank, jadi profesi ini hilang," ujar dia.
 
Contoh lainnya, kata Andi, perusahaan gawai asal Finlandia, Nokia. Perusahaan tersebut kehilangan konsumennya sebesar 10 persen saat ini.
 
"Karena terjadi revolusi teknologi yang cepat, artinya yang tidak bisa ikut ia kehilangan konsumennya. Profesi dunia kerja sudah berubah total. Profesi lama tercerabut, profesi lama berkembang terus," tutur dia.
 
Andi mengatakan generasi muda harus lebih siap lagi menghadapi masa depan. "Kalian (generasi muda) sudah harus lebih siap mempersiapkan diri dengan profesi yang baru dan lebih banyak lagi," tutur Andi.
 
Baca juga: Generasi Muda, Siapkan Perubahan Kehidupan Masa Depan Lewat Pendidikan

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif