ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

RANCANGAN ‘TOD’ BERKONSEP ECO FRIENDLY MENJADI KARYA TERBAIK

   1200    1 min

Sekprodi Teknik Arsitektur, Christy Vidiyanti, ST, MT Menilai Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Arsitektur UMB

Program studi Teknik Arsitektur UMB mengadakan Pameran Tugas Akhir selama lima hari dari 24 Januari – 28 Januari 2020 di Lobi Gedung Tower. Pameran ini dibagi menjadi dua sesi yaitu merancang kawasan TOD (Transit Oriented Development) di daerah Cipete dan Cibubur. Sebanyak 76 peserta pameran yaitu para mahasiswa semester akhir Teknik Arsitektur yang nantinya hasil karya mereka akan dipresentasikan saat sidang tugas akhir.

Sekprodi Teknik Arsitektur, Christy Vidiyanti, ST, MT menjelaskna pameran ini bertujuan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam merancang skala makro. Sedangkan bagi mahasiswa sendiri agar mampu merancang kawasan berbasis fasilitas transportasi yang terintegrasi.

“Mahasiswa kami diminta mampu merancang kawasan tersebut dengan fasilitas hotel, MICE, serta fasilitas TOD lainnya seperti retail, coworking space dan pusat budaya,” jelas Christy di lokasi acara, kampus UMB, Jakarta, kemarin.

Peserta terbaik pameran ini dimenangkan Rivaldy Aditya. Konsep yang diambil oleh Rivaldy yaitu Eco Friendly, arsitektur berwawasan lingkungan yang diterapkan di wilayah Cibubur.

Rivaldy Aditya dan Hasil Karyanya

“Rancangan Rivaldy dapat memenuhi aspek fungsi, estetika dan kelayakan dibangun, serta dapat menerapkan konsep TOD dengan baik yang memperhatikan fungsi bangunan maupu keseluruhan secara utuh,” tambah Christy.

Menurut Rivaldy, proses pengerjaan maket tersebut memakan waktu sekitar 1 bulan dengan menghabiskan biaya Rp. 1.000.000 menggunakan bahan full PVC board. “Kendala yang saya rasakan analisa diawal benar - benar harus diperhatikan sekali karena menyangkut dengan lingkungan sekitar juga,” tutup Rivaldy. (penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post