ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

PESAN REKTOR UMB: PENGELOLA JURNAL TIDAK BOLEH BERHENTI BELAJAR

Universitas Mercu Buana (UMB) sebagai perguruan tinggi yang berakreditasi Unggul, terus meningkatkan kinerja Tri Dharma pergururuan tinggi. Salah satu upaya yang dilakukan UMB adalah dengan memperbaiki tata kelola jurnal. Rabu, (11/01) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UMB mengadakan kegiatan bertema “FGD Tata Kelola Jurnal: Bincang Santai Penyusunan Author Guidelines dan Template” di Auditorium Harun Zain, Kampus Meruya.

Dalam sambutannya Rektor UMB, Prof. Dr. Andi Adriansyah M.Eng. mengatakan, “Ada dua hal penting yang menjadi kesimpulan pengelolaan jurnal: Pertama tidak boleh berhenti belajar untuk mengolah jurnal, forum seperti ini sangat penting karena akan ada lagi ilmu-ilmu baru dari hasil belajar, karena kalau tidak belajar jurnal kita akan ketinggalan disebabkan pertumbuhan jurnal di Indonesia sangat pesat. Kedua, peningkatan tidak boleh berhenti untuk meningkatkan level jurnal kita karena itulah hal terpenting dari masalah kualitas jurnal yaitu meningkatkan level jurnalnya”.

Kegiatan ini dilakukan secara hibrida dan diikuti 73 peserta; 4 peserta offline dan 53 peserta online dari kalangan UMB dan luar UMB. Hadir sebagai narasumber Dr. Aji Dedi Mulawarman (Ketua Presidium Nasional Aljebi dan Pengelola Jurnal Sinta 2), Dr. Ari Kamayanti (Sekjen Aljebi dan Pengelola Jurnal JRAAM Sinta 3) dan Yananto Mihadi Putra, M.Si (Kepala Bagian Publikasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMB).

Dalam paparanya Aji mengharapkan adanya peningkatan kualitas penyusunan panduan penulisan artikel pada jurnal ilmiah agar lebih informatif dan komunikatif, “Dengan demikian penulis artikel dapat lebih mudah mempublikasikan artikel ilmiah pada jurnal ilmiah”.

Sementara itu Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UMB, Dr. Erna setiany, M.Si, FGD. Mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas pengelola jurnal khususnya dalam penyusunan panduan untuk penulis pada jurnal ilmiah agar lebih efektif dan sesuai dengan bidang ilmiah jurnal ilmiah.



Next PostPrevious Post