ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

PANDEMI COVID 19: MAHASISWA FIKOM TETAP BERPRESTASI

   552    2 min

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi tetap berprestasi dimasa pandemi

Pandemi covid 19 tak bisa membendung mahasiswa fakultas ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana untuk tetap berprestasi. Baik dalam hal berorganisasi dan berkompetisi.

Situasi pandemi menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi mudzakir walad bin arief, Natasha Marcella Soetanto dan Arjun Aidil Akbar. Mereka membuktikan tetap dapat beradaptasi dengan lingkungan belajar daring dengan manajemen waktu yang baik mahasiswa tetap bisa berorganisasi, berkompetisi dan berujung prestasi.

Berikut prestasi yang diraih oleh :

Natasha Marcella Soetanto. Mahasiswi bidang studi Advertising & Marketing communication 2018 ini aktif berorganisasi salah satunya dalam kegiatan pertukaran mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi. Berhasil meraih The Most Outstanding Social Innovation Idea Awards pada 08 November 2020, Ini merupakan ajang kompetisi internasional yang melibatkan 388 partisipan dari 19 Universitas (8 negara). Tidak berhenti disitu, Mahasiswi yang tertarik mempelajari bahasa asing ini kembali mengikuti ajang Internasional Business Idea Challange 2021 di Multi Media University, Malaysia. Pada kategori International Young Social Entrepreneurs Competition (IYSEC) dirinya berhasil meraih prestasi Silver Award. Menurutnya kali ini lebih menantang, karena harus bersaing dengan partisipan dari 27 Universitas (Indonesia, Bangladesh, Malaysia, India, Nepal, Thailand, Filipina, Jepang dan UK). Dirinya cukup bangga dan bersyukur akan apa yang diraih. Ia berharap dapat berkesempatan meraih prestasi yang lebih baik dari sebelumnya.

Berikutnya dari bidang studi Broadcasting. Mahasiswa dengan nama Mudzakir Walad bin Arief berhasil berprestasi diberbagai kompetensi broadcasting. Selama pandemi dirinya dan rekan produksinya mengoleksi 4 prestasi nasional dan 2 kompetensi regional. Diantaranya ; Juara 2 Gelora Mahasiswa Short Movie Competition ITY Yogyakarta, Finalis Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) Kemendikbud RI, Juara 1 USU Games Short Movie Mahasiswa, Bronze Medal Lomba Cipta Iklan Layanan Masyarakat Aspikom, Juara 2 Short Movie Educommfestival, Juara 1 Video Advertising Competition MERAKI Mercu Buana. Selama meraih prestasi tersebut Walad justru sedang dalam kesibukan kegiatan akademik (Tugas Besar & Proposal Tugas Akhir). Bahkan dirinya harus pandai memanajemen waktu dalam peran dirinya menjadi Pimpinan pada Komunitas Film Mercu Buana dan Himpunan Mahasiswa Broadcasting. Pandai membagi waktu, berkolaborasi, dan berani melakukan hal baik itulah metode yang dirinya lakukan agar dapat meraih prestasi tersebut.

Lanjut, mahasiswa fikom yang pernah menjadi influencer of the Month Ditmawa ini patut dijadikan inspirasi. Arjun Aidil Akbar mahasiswa Broadcasting 2017 menjadikan fotografi bukan sekedar hobi tapi juga sebagai lahan prestasi sekaligus penghasilan tambahan. Dirinya mengaku selama pandemi perlu adaptasi luar biasa dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengikuti kompetisi. Mahasiswa yang hampir setiap tahun meraih prestasi nasional dan internasional ini kembali mengukir juara 1 kompetisi fotografi di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Menurutnya kali ini cukup menantang karena bersaing dengan 573 peserta dari 236 perguruan tinggi se-Indonesia. Dibalik kesibukan belajar, berlomba, bekerja, dirinya saat ini juga merintis usaha minuman ringan sebagai hasil luaran pembelajaran materi kewirausahaan.

Tiga mahasiswa Fikom tersebut membuktikan situasi pandemi tidak menghalagi mahasiswa universitas Mercu buana untuk berprestasi. Mahasiswa dapat beradaptasi dengan situasi melalui performance akademik tetap baik, tetap aktif berorganisasi hingga merintis usaha meningkatkan perekonomian.(penulis : Citra Sentosa / editor : Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post