Wisuda Universitas Mercu Buana periode Maret 2023. Foto: UMB
Wisuda Universitas Mercu Buana periode Maret 2023. Foto: UMB

Menuju World Class University, Ini Langkah yang Dilakukan Universitas Mercu Buana

Citra Larasati • 08 Maret 2023 18:40
Jakarta:  Universitas Mercu Buana (UMB) melaksanakan Wisuda Diploma ke LIII, Sarjana ke LVII dan Magister ke XLIV Tahun Akademik 2022/2023 yang digelar pada Rabu, 8 Maret 2023.  Rektor UMB, Andi Adriansyah memberikan pesan dan arahannya kepada wisudawan tentang kesiapan menghadapi tantangan di tengah perkembangan teknologi informasi.
 
Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan kecerdasan buatan yang semakin masif telah mengubah tata cara manusia berkompetisi di era industri berbasis teknologi digital.  Menurut Andi, saat ini persaingan tidak lagi hanya antarmanusia, tetapi juga melibatkan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sebagai pesaing baru.
 
AI telah menggantikan beberapa aktivitas manusia seperti proses produksi, pemrosesan data, customer service, pemantauan dan pengawasan, serta keuangan.
"Kita perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan dunia kerja dalam industri berbasis teknologi digital. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, di antaranya belajar dan terus belajar, berkolaborasi dan berbagi, serta berpikir kreatif dan inovatif untuk menemukan solusi baru dan menghadapi tantangan baru dalam industri berbasis teknologi digital," kata Andi di Jakarta, Rabu, 8 maret 2023.

World Class University

Sebagai universitas yang didorong Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) menjadi World Class University, Universitas Mercu Buana menyadari, teknologi tidak selalu menggantikan pekerjaan manusia secara total, melainkan lebih membantu dan memperluas kemampuan manusia. 
 
Untuk itu, Universitas Mercu Buana telah melakukan adaptasi dalam proses belajar mengajar di lingkungan kampus. Saat ini, Universitas Mercu Buana menyelenggarakan pembelajaran melalui sistem e-learning dan pembelajaran jarak jauh berbasis internet.
 
Selain itu, Universitas Mercu Buana juga telah melakukan adaptasi pada kurikulum dan mata kuliah yang diajarkan agar kompatibel dengan dunia industri digital yang ada saat ini.  “Kami terus beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang ada demi melahirkan lulusan yang kompatibel dengan dunia industri berbasis teknologi digital dengan tidak melupakan pendidikan budi pekerti kepada para mahasiswa,” terang Andi. 
 
Dalam menghadapi persaingan dunia kerja di era industri berbasis teknologi digital, Universitas Mercu Buana telah berhasil menorehkan berbagai prestasi yang bisa dibanggakan.  Antara lain menempati ranking kedua PTS Terbaik di DKI Jakarta versi Webometric 2023 dan ranking keempat PTS Terbaik di Indonesia versi Webometric 2023. 
 
Selain itu, sejumlah mahasiswa Universitas Mercu Buana juga berhasil meraih prestasi dalam berbagai ajang kegiatan baik level nasional maupun Asia.  Seperti juara pertama dalam Speech Competition Asian English Olympic in Speech dan juara 3 Newscasting Competition dalam National English Competition cabang Newscasting National Competition 2023.
 
Dalam Semester Genap Tahun Akademik 2022-2023, Universitas Mercu Buana juga mencatat sejumlah pencapaian penting.  Antara lain terdapat 923 mahasiswa penerima beasiswa dari berbagai program, jumlah mahasiswa baru tercatat sebanyak 3.919 mahasiswa.
 
Sebanyak 96,11 persen alumni Universitas Mercu Buana juga bekerja di dunia industri yang bervariasi, seperti industri perbankan, e-commerce, FMCG (Fast Moving Consumer Goods), kesehatan dan farmasi, dan konstruksi. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa Universitas Mercu Buana siap dan komitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di era industri berbasis teknologi digital.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news medcom.id
Baca juga: UMB Tekankan Pentingnya Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia

 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(CEU)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif