ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

MENPORA AJAK MAHASISWA MENJADI WIRAUSAHAWAN

   2382    2 min

Poster narasumber acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda dengan tema "Kolaborasi Menjadi kunci Sukses Dalam Mengembangkan Kewirausahaan"

Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan Pusat Kewirausahaan Universitas Mercu Buana mengadakan webinar dengan mengusung tema “Kolaborasi Menjadi Kunci Sukses dalam Mengembangkan Kewirausahaan”. Acara tersebut dilaksanakan pada 6 Agustus 2020 melalui webinar zoom mulai jam 08.00 – 12.00 WIB dengan narasumber: Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI – Dr. H.M. Asrorun Niam Soleh, MA, Sekretaris Umum Komunitas Tangan di atas, Dr. Wisnu Sakti Dewobroto, Kepala Pusat Kewirausahaan UMB, Dr. Wachyu Hari Haji.

Antusiasme peserta yang mengikuti webinar terlihat dari sebanyak 313 mahasiwa UMB dan ada juga yang berasal dari perbatasan NKRI Kalimantan serta Jawa Tengah.

Ditengah pandemi covid 19 ini, butuh kreatifitas dan inovasi untuk kita bisa bertahan. Hanya orang yang keatif inovatif yang mampu bertahan ditengah perubahan sosial termasuk juga tantangan kontemporer ditengah wabah covid ini.

Webinar kali ini fokus pada salah satu program prioritas kemenpora yaitu pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan dikalangan pemuda.

“Mahasiswa menjadi bagian penting didalam pembinaan kepemudaan, itulah sebabnya Kemenpora bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi untuk mendorong semangat kewirausahaan,” jelas Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dr. H. Zainudin Amali, MS dalam sambutannya.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dr. H. Zainudin Amali, MS memberikan sambutan di acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda menggunakan aplikasi Zoom

Apalagi, lanjut dia tantangan hari ini dan mendatang makin berat, berhadapan dengan bonus demografi. Dan disitulah pentingnya mempersiapkan generasi muda, khususnya mahasiswa untuk siap menjadi mandiri dan tidak tergantung pada pihak lain.

Asrorun Niam mengatakan sebagaimana arahan Menpora, prioritas kegiatan dikepemudaan salah satunya adalah mengoptimasi dan memasifkan pengembangan kewirausahaan melalui seluruh elemen strategis.

“Dan salah satu elemen strategis itu adalah elemen anak - anak muda di level perguruan tinggi karena secara lingkungan, mental dan akademis mereka sudah memiliki kesiapan untuk meneguhkan komitmen kemandirian dan juga pengembangan kewirausahaan,” pungkasnya lagi.

Senada dengan Menteri Kemenpora, Rektor UMB, Prof. Ngadino Surip menegaskan pembekalan yang harus dimiliki pemuda adalah kemandirian. “Kemandirian ini penting karena kita tidak berharap lagi hidup dari belas kasih bangsa lain, jadi kewirausahaan ini menjadi sangat strategis untuk terus kita kembangkan,” jelasnya. ( penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post