ID   EN

Berita

MENGASAH KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DI MEDIA SOSIAL

   957    1 min

Berkembangnya era digital 4.0 telah menggeser pola komunikasi. Tidak hanya berbasis pesan pada umumnya, tetapi juga dilengkapi visual dan infografik. Pola komunikasi inilah yang akan semakin pesat dimasa depan.

“Kemampuan berkomunikasi saat ini telah banyak berubah. Tidak cukup pada kemampuan bahasa saja, tetapi juga terampil bermain data,” ujar Praktisi Komunikasi, Kevin Liliana saat hadir sebagai pembicara seminar yang diselenggarakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis di kampus UMB, Jakarta (Jumat 26 Juli 2019).

Terlebih lagi, sambung dia media sosial penyampai pesan juga kian beragam. Para praktisi komunikasi perlu menggunakannya dengan tepat. Tidak sebatas membagikan informasi melalui sarana media sosial, tetapi juga memahami karakter sosial media tersebut.

Menurutnya sosial media yang beragam adalah keberuntungan dalam penyebaran informasi. Karena memang sosial media tersebut memiliki pengguna yang berbeda-beda. Sehingga isi pesan atau model pesan yang disampaikan juga harus menyesuaikan.

“Yang pasti pesan visual dan infografik sudah menjadi tuntutan. Cara menyampaiakn pesan visual dan infografik itu yang perlu juga diasah,” imbuh dara penyabet gelar Miss Indonesia Lingkungan 2017 ini.

Terkait itulah, sambung dia para praktisi komunikasi perlu terus melatih diri. Melihat dan menggali informasi lebih luas. Sekaligus jeli melihat trend dalam penyajian konten.

Selain itu pula, menurut dia kemampuan menumbuhkan percaya diri juga penting. Sebagai praktisi komunikasi keterampilan menjaga kepercaya diri tidak boleh diabaikan. Kepercayaan diri merupakan kemampuan untuk mengenali diri lebih dalam, baik potensi dan kekurangannya.

Lebih lanjut dia mengakui kemampuan dirinya berkomunikasi di ruang publik juga didapat melalui pendidikan. Tidak lupa pula pengalaman diberbagai kesempatan. Baik dalam acara berskala lokal, nasional maupun internasional.

“Saya bersyukur dapat banyak kesempatan untuk tampil. Dan saya perlu membagi pengalaman itu kepada semua pihak,” tuturnya . (penulis: Hizkia Pahlawan / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat www.mercubuana.ac.id / [email protected])



Next PostPrevious Post