ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

MEMBANGUN SELF-LEADERSHIP MASA PANDEMI

   523    3 min

Poster Internasional Webinar Live, Lead and Believe

Situasi pandemi Covid - 19 yang tengah kita hadapi saat ini tentunya tidak boleh disepelekan, karena selain menyebabkan penyakit fisik juga berdampak pada aspek psikologis.

Beberapa orang tiba - tiba terjauhkan dari hubungan dekat pada era menjaga jarak sosial dan mungkin merasa sulit untuk membangunnya kembali. Ada juga orang yang depresi, stres karena hilangnya pekerjaan akibat pandemi ini terjadi, adanya kecemasan dalam diri seseorang yang terkena Covid - 19 merasa dirinya seperti dikucilkan dalam masyarakat sehingga hilang kepercayaan diri untuk menjadi pemimpin bagi kontrol dirinya sendiri.

Melihat dari fenomena tersebut, Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana bekerja sama dengan Fakultas Psikologi University of Malaysia Sabah mengadakan webinar internasional yang diselenggarakan melalui aplikasi zoom, Sabtu (13/3/2021).

Webinar ini bertema "Live, Lead and Believe : Establish and Improve Your Self-Leadership With Psychological Aspect During Pandemic". Dengan narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana : Assoc. Prof. Muhammad Iqbal, Ph.D, Dr. Setiawati Intan Savitri, S.P, M.Si, Amy Mardhatillah, Ph.D, Nurul Adiningtyas, M.Psi, Psikolog dan Melani Aprianti, M.Psi, Psikolog. Narasumber dari Fakultas Psikologi Universitas of Malaysia Sabah : Prof. Dr. Hj. Mohd. Dahlan Hj. A. Malek, Assoc. Prof. Dr. Sabaraha BTE Sharif, Dr. Noor Hassline Binti Mohammed dan Dr. Soon Singh A/L Bikar Singh.

Live, Lead and Believe merupakan tiga kata yang merepresentasikan diri kita menghadapi berbagai hal dalam kehidupan. Live yaitu bagaimana kita bertahan dengan kehidupan yang kita jalani. Lead berarti bagaimana kita berusaha untuk memimpin dan memiliki kendali sepenuhnya terhadap diri kita. Sedangkan, Believe yaitu bagaimana kita mempercayai bahwa ketika kita sudah merasa hidup, sudah dapat memimpin dan memiliki kendali sepenuhnya akan diri kita untuk mengembangkan diri kita menjadi manusia yang lebih baik.

Dalam webinar ini, para narasumber memberikan perspektif self-leadership yang berbeda berdasarkan expertise mereka. Ada yang membahas dari sisi psikologi sosial, psikologi industri, psikologi klinis, psikologi pendidikan dan psikologi orgsnisasi. Kita juga belajar mengenai bagaimana menumbuhkan self-leadership pada individu. Belajar mengembangkan dan meningkatkan kemampuan menjadi seorang pemimpin dalam diri kita melalui aspek - aspek psikologi, khususnya di situasi pandemi seperti sekarang ini ketika banyak limitasi dalam melakukan aktivitas.

Pentingnya self-leadership bagi seorang individu memiliki kontrol atas dirinya sendiri, mengingat di masa pandemi kita harus diam dirumah dan menjalani berbagai kegiatan dengan online, yang membuat diri kita memiliki kesempatan untuk melakukan banyak hal pada satu waktu.

Hal - hal tersebut diatur sedemikian rupa waktu pelaksanaannya agar tidak tumpang tindih sehingga tetap bisa dilaksanakan secara maksimal. Maka dari itu, dibutuhkan kemampuan diri kita sendiri untuk mengatur strategi dalam menghadapi itu semua, khususnya dalam pembagian waktu dan pemaksimalan performa.

Laila Meiliyandrie Indah Wardani, Ph.D, Ketua penyelenggara acara menyampaikan bahwa webinar ini harapannya dapat menumbuhkan konsep dari self-leadership pada setiap peserta terutama di masa pandemi dan juga sebagai bentuk realisasi dari Letter of Intent (LoI) yang ada agar kerjasama ini menjadi dasar untuk disetujuinya MoU dan MoA bagi kedua belah pihak.

"Acara ini juga menjadi wadah bagi organisasi mahasiswa yang ada di kedua belah pihak untuk saling bekerja sama dan menjalankan project dengan kembali ke konsep Live, Lead and Believe" tambah Laila.

Antusiasme peserta juga sangat banyak terlihat dari 1.691 orang peserta yang tersebar dari mahasiswa UMB, mahasiswa UMS serta umum yang berasal dari Indonesia dan Malaysia.

Prof. Ngadino Surip, Rektor UMB mengatakan bahwa jumlah partisipan yang mencapai 1.000 lebih peserta patut diberikan apresiasi karena penyelenggaraannya.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama University of Malaysia Sabah dengan UMB yang telah berlangsung lebih dari 5 tahun, semoga webinar ini dapat memberikan gagasan besar untuk mengembalikan kualitas psikologis masyarakat semasa pandemi dan dapat memberikan kesan terbaik bagi kemajuan bangsa", ujar Ngadino. (Penulis : Priyo Wahyudi / Editor : Riko Noviantoro / Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post