Mahasiswa Universitas Mercu Buana Raih Ilmu Baru dari Media Literasi MNC Media

Rabu, 12 Oktober 2022 - 14:45 WIB
loading...
Mahasiswa Universitas Mercu Buana Raih Ilmu Baru dari Media Literasi MNC Media
Salah satu mahasiswa Universitas Mercu Buana Prili Difka Saputri yang mengikuti diskusi Media Literasi dari MNC Media. Foto/MPI/Dhimas Choirul.
A A A
JAKARTA - Ratusan mahasiswa Univesitas Mercu Buana menyambut baik kegiatan Media Literasi yang diadakan MNC Media. Para mahasiswa mengaku mendapat banyak pengalaman dari kegiatan tersebut.

Salah satunya Prili Difka Saputri, mahasiswa jurusan Public Relation itu mengatakan, materi yang diberikan Pimpinan Redaksi MNC Media Latief Siregar sangat bermanfaat baginya.

"Sangat membantu banget ya. Bisa dipakai (ilmu) ke depannya," kata Prili kepada wartawan, Rabu (12/10/2022).

Prili mengatakan, dirinya akan coba menerapkan ilmu yang diberikan oleh pemateri untuk pembuatan konten-konten di media sosial.

Baca juga: Sambut Baik Media Literasi MNC Media, Wakil Dekan UMB Singgung Peran Penting Jurnalis

"Saya ke depan pengen coba bikin YouTube. Tadi materinya ngebantu banget," kata dia lagi menegaskan.

Sementara itu, salah satu mahasiswa yang juga mengikuti diskusi Afkar mengatakan, materi media literasi tersebut penting untuk para mahasiswa khususnya yang berkecimpung di dunia media dan informasi. Afkar juga mengaku mendapatkan ilmu baru, dalam hal melihat atau membaca dampak sebuah pemberitaan.

"Ada insight baru ya. Karena ini langsung dari praktisi. Salah satunya tentang bagaimana kita bisa tertarik melihat suatu case," ungkapnya.

Afkar berharap, MNC Media juga dapat memberikan pengetahuan kepada para konten kreator lainnya agar melek literasi digital.

Sementara itu, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Mercu Buana, Juwono Tri Atmodjo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kolaborasi yang baik antara media dan dunia akademik.

"Harapan nanti kolaborasi ini bisa memberikan beberapa hal pembekalan bagi mahasiswa kami. Khususnya untuk di dunia praktisi," kata Juwono.

Baca juga: Ratusan Mahasiswa Universitas Mercu Buana Ikuti Diskusi Media Literasi MNC Media

Menurut Juwono, era jurnalistik saat ini telah mengalami perkembangan yang sangat cepat. Terlebih di tengah derasnya arus digitalisasi. Para jurnalis, kata dia, dituntut untuk serba bisa.

"Kemampuan (hardskill) juga, tidak hanya kreatifitas berjalan, kemampuan komunikasi, ngedit juga berjalan. kalau dulu ditangani 4 orang sekarang bisa jadi sudah satu orang semua bisa ngambil gambar, ngedit dan sebagainya," ungkapnya.

Sehingga, menurutnya, dari sisi kurikulum perguruan tinggi juga harus ada evaluasi agar menyesuaikan dengan kompetensi dalam dunia praktik. Ia berharap kegiatan yang diadakan MNC Media ini dapat terus berlanjut.

"Selain itu mampu bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak. Harapannya kerja samanya ini bisa berjalan terus," pungkasnya.

Sebagai informasi, setelah sempat terkendala karena pandemi Covid, dalam rangkaian ulang tahun MNC Media (RCTI, MNCTV & GTV), MNC Media kembali menggelar kegiatan Media Literasi di tiga Universitas yaitu MNC University, Universitas Esa Unggul dan Universitas Mercu Buana.

Di Universitas Mercu Buana, sebanyak 300 mahasiswa lebih mengikuti kegiatan tersebut. Mereka berasal dari Fakultas Ilmu Komunikasi.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)