ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Mahasiswa Tuangkan Ide Kreatif dalam Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana 2023

Tahun 2023 merupakan tahun yang berbahagia terkhusus mahasiswa-mahasiswa yang memiliki ide dan inovasi yang dapat membangun masyarakat. Dalam sebuah acara bertajuk Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana 2023, telah dilaksanakan selama 3 hari dengan beragam tahapan yang harus dilalui oleh para peserta. Dari 11 – 12 Mei 2023 bertempat di Auditorium Prof. Harun Zain merupakan Pembukaan Pekan Inovasi Mahasiswa 2023 sekaligus presentasi yang dilakukan oleh setiap tim. Hingga puncaknya, 16 Mei 2023 penutupan dan pengumuman pemenang lomba diadakan di Aula Rektorat.

“Kehidupan ini masih bisa berjalan ratusan tahun hingga hari ini karena adanya sebuah inovasi. Kalau lah inovasi itu mati maka berbarengan dengan itu kehidupan juga akan selesai. Oleh karena itu, inovasi tidak boleh berhenti inovasi harus terus berjalan sesuai dengan keadaan kondisi situasi zaman yang berlaku,” ucap Prof. Dr. Andi Adriansyah M.Eng, Rektor Universitas Mercu Buana dalam sambutan pembukaan Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana 2023.

Pekan Inovasi Mahasiswa 2023 yang memiliki tema “Inovasi Tanpa Batas” ini memiliki tujuan bahwa Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana ini menjadi wadah aspirasi inovasi mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan di dunia.

“Lomba ini bisa menjadi sarana menuangkan ide-ide kreatif mahasiswa yang menginspirasi yang inovatif dari berbagai permasalahan,” ucap Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Dr. Erna Setiany, M.Si dalam laporannya.

Berikut daftar pemenang beserta hadiah dalam Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana 2023 dengan total hadiah mencapai Rp20.000.000 :

  1. Pemenang Utama dalam Pekan Inovasi UMB 2023 adalah Fakultas Teknik, Prodi Teknik Industri dengan inovasi Mouse Pad Extender. Tim pemenang utama berhasil meraih bantuan dana senilai Rp5.000.000 untuk pembuatan produk mereka. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk berpartisipasi dalam lomba inovasi internasional, yaitu Indonesia Inventors Day 2023, melalui INNOPA dari LPPM. Produk atau ide inovatif yang dimiliki oleh pemenang utama akan di daftarkan di DJKI Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Tak hanya itu, dosen pembimbing dari tim pemenang utama juga akan mendapatkan penghargaan berupa dana sebesar Rp2.000.000.
  2. Pemenang terpilih dalam Pekan Inovasi UMB 2023 adalah Fakultas Teknik, Prodi Teknik Elektro dengan inovasi Terragrow Real-Time Plant Monitoring and Automated Watering System with Lot Technology. Tim pemenang terpilih mendapatkan bantuan dana sebesar Rp3.000.000 untuk pembuatan produk mereka. Selain itu, produk pemenang terpilih juga akan di daftarkan pada DJKI Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dosen pembimbing juga akan mendapatkan penghargaan berupa dana sebesar Rp2.000.000.
  3. Pemenang Harapan dalam Pekan Inovasi UMB 2023 adalah Fakultas Ilmu Komputer, Prodi Teknik Informatika dengan inovasi Deteksi Gerakan di Sawah untuk Mengusir Hama Padi. Tim Pemenang Harapan berhasil meraih bantuan dana sebesar Rp2.000.000 untuk pembuatan produk mereka. Selain itu, produk pemenang terpilih juga akan di daftarkan pada DJKI Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, dosen pembimbing juga akan mendapatkan penghargaan berupa dana sebesar Rp2.000.000.
  4. Pemenang Favorit I, II, III, IV dalam Pekan Inovasi UMB 2023 diraih oleh Fakultas Ilmu Komputer prodi Sistem Informasi dengan inovasi Smart Integrated Sex Harrassment Protecting (Stressing), Fakultas Design dan Seni Kreatif prodi Design Produk dengan inovasi Mix Material pada Lumpang dan Alu melalui Metode Atumics, Fakultas Teknik prodi Teknik Industri dengann inovasi Pemanfaatan Limba Ampas Serat Tebu sebagai Komposit Pembuatan Partisi Grc, dan Fakultas Design dan Seni Kreatif prodi Design Produk dengan inovasi Pemanfaatan Loofah/Serat Gambas untuk Produk Perlengkapan Alat Mandi. Tim pemenang favorit akan diberikan masing-masing uang sebesar Rp1.000.000.
  5. Keseluruhan peserta Pekan Inovasi UMB 2023 akan mendapatkan sertifikat yang ditandatangi oleh Rektor Universitas Mercu Buana, Prof. Dr. Andi Adriansyah M.Eng.


Next PostPrevious Post