ID   EN

Berita

MAHASISWA UMB CIPTAKAN ALAT PENDETEKSI PENDAKI GUNUNG

   192    1 min

Muhammad Yusuf Abdul Wachid Meraih Bronze di Kejuaraan International Intellectual Property, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2020

Mahasiswa Teknik Elektro UMB - Muhammad Yusuf Abdul Wachid, mengharumkan nama almamater di ajang “International Intellectual Property, Innovation and Technology Exposition (IPITEX) 2020. Acara ini merupakan event tahunan yang diadakan oleh National Research Council Of Thailand. Bertempat di Bangkok International Trade and Exhibiton Center, Thailand mulai dari 1 – 6 Februari 2020.

IPITEX merupakan wadah bagi para inovator yang ingin memperkenalkan tentang produk inovasi ke tingkat internasional yang akan dinilai secara produk, nilai inovasi dan problem solving nya. Pesertanya berasal dari Indonesia, Malaysia, Taiwan, Inggris, Polandia, China, Thailand, Singapura dan lain – lain.

Foto : Muhammad Yusuf Abdul Wachid

Yusuf memperoleh Bronze Medal dengan hasil inovasinya yaitu “Health Wristband.” Health Wristband merupakan alat pendeteksi pendaki yang hilang di gunung dengan kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan untuk pengiriman ke data base secara langsung. Alat ini memakan waktu 9 bulan dalam proses pengerjaan, termasuk pencarian ide dan datanya.

Menurut Yusuf, ide membuat alat ini muncul karena sering terjadi pendaki yang hilang di pegunungan tidak terdeteksi oleh tim SAR, sehingga dalam pencarian mengalami keterlambatan. “Alat yang saya buat ini bermanfaat sekali untuk mendeteksi lokasi pendaki yang hilang dan menampilkan kesehatan dari pendaki, sehingga mengurangi resiko tersesat,” jelas mahasiswa yang berasal dari Grobogan – Jawa Tengah ini.(penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post