Headline

Bekerja Sama demi Bangsa

Beroposisi bisa setiap saat. Dalam bekerja sama membantu pemerintahan dibutuhkan pula spirit dan keikhlasan hati.

Fokus

Format Baru Rasa Baru

Perubahan format yang membuat makin banyak pertandingan bakal berdampak pada semakin padatnya jadwal

Mahasiswa Fikom UMB Gelar Kuliah Peduli Negeri di Banten

Mediaindonesia.com
09/5/2023 16:24
Mahasiswa Fikom UMB Gelar Kuliah Peduli Negeri di Banten
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) saat Kuliah Peduli Negeri.(Ist)

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB) kembali menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk Kuliah Peduli Negeri (KPN).  Tema yang diusung adalah Meningkatkan Kemampuan Masyarakat dalam Bidang Komunikasi & Pariwisata. Kegiatan ini diselenggarakan di Desa Bojong Menteng, dekat dengan Kampung Wisata Baduy, Banten, Minggu (7/5).

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh para mahasiswa ini berupa pelatihan dan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat Desa Bojong Menteng dalam bidang komunikasi dan pariwisata. Ada enam kelas yang dibagikan untuk bisa meningkatkan kemampuan masyarakat di desa tersebut, antara lain Keterampilan Komunikasi untuk Profesional Pariwisata, Menangkal Informasi Hoaks dan Konten Negatif, Teknik Vlog Untuk Pemula, Komunikasi dan Management Pariwisata, Fotografi Produk menggunakan Alat Sederhana dan Smartphone, serta Social Media for Branding and Business.

Kegiatan ini bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Pemerintah Desa Bojong Menteng, PT. Pupuk Indonesia, PT. Tom Cococha Indonesia dan Yayasan T60. Peserta yang mengikuti kegiatan ini meliputi siswa SMK, ibu PKK, pelaku UMKM, para guru Paud, SD, SMP, SMK, Posyandu, perwakilan RT, pemuda karang taruna dan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata).

Baca juga : Kepala LLDIKTI 3 : Kemampuan Beradaptasi Dengan Perubahan Lingkungan Jadi Kunci

“Kami sangat senang bisa kembali berpartisipasi dalam kegiatan  ini, kami berharap kegiatan yang berkelanjutan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Bojong Menteng dan meningkatkan kemampuan mereka dalam bidang komunikasi dan pariwisata”, terang Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMB, Ahmad Mulyana.

Senada dengan Ahmad Mulyana, Ketua Panitia, Asep Jembar Mulyana menambahkan mereka berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Bojong Menteng dapat lebih maju dan berkembang dalam UMKM serta bidang pariwisata.

Selain memberikan pelatihan, kegiatan ini juga dibarengi dengan serah terima bantuan pembuatan MCK oleh PT. Pupuk Indonesia kepada Sekretaris Desa Bojong Menteng, Bapak Sunawa yang mewakili Kepala Desa yang tidak bisa hadir menyambut baik kegiatan ini. "Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, karena saat ini adalah era digital sehingga akan menolong kami semua untuk bisa bersaing dan mengembangkan kemajuan desa," ujarnya.

Baca juga : Universitas Mercu Buana Undang Mahasiswa Tiongkok Ikuti Comic Photography

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi UMB ini diupayakan keberlanjutannya sehingga mewujudkan upaya institusi pendidikan untuk berperan aktif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat. (B-4)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Editor : Retno Hemawati
Berita Lainnya