ID   EN

Berita

KECELAKAAN LALU LINTAS DIDOMINASI PENGENDARA MOTOR

   260    1 min

Siswa SMKN 2 Tangerang Selatan yang menggunakan motor dihimbau lebih berhati hati dalam berkendara. Berdasarkan data jumlah pengendara motor kerap menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Hal ini disebabkan berbagai faktor.

“Bagi siapa pun pengguna motor harus lebih waspada. Tingkat kecelakaan lebih didominasi pengguna motor,” jelas Kepala Seksi Keselamatan Kementerian Perhubungan, Syafril Immanuel saat menghadiri acara Campus Talk Goes To School UMB tema “Generasi Milenial Pelopor Kesadaran dan Keselamatan di SMKN 2, Tangerang , Senin, (30 September 2019)

Menurutnya tingginya kecelakaan lalu lintas bermula pada dua penyebab, yakni human eror dan infrastruktur jalan yang kurang memadai. Dari kecelakaan tersebut pengendara motor yang kerap menjadi korban atau pun pelaku kecelakaan.

Dari data Kementerian Perhubungan diketahui pada tahun 2018 terjadi 103 ribu lebih kasus kecelakaan dengan 29.083 jiwa menjadi meninggal dunia. Jumlah korban jiwa tersebut sangat memprihatinkan. Dan cenderung meningkat dibandingkan tahun 2017 yang tercatat 27 ribu jiwa.

Sejalan dengan itu Syafril menghimbau siswa SMKN 2 Tangerang untuk selalu berwaspada dalam berkendara serta menggunakan atribut yang lengkap dan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Hindari pula penggunaan telepon gengam saat mengoperasikan kendaraan.

“Siswa yang belum memiliki SIM di wajibkan untuk menggunakan kendaraan umum atau di antar ke sekolah, tidak mengendarai kendaraannya sendiri, karena itu sangat berbahaya untuk keselamatan” tegasnya.

Dalam kesempatan itu digelar pula pembagian helm kepada siswa yang beruntung. Terutama siswa yang mampu menjawab dan memberikan penjelasan tentang kasus kecelakaan lalu lintas.

Acara Campus Talk Goes To School yang di adakan di SMKN 2 tangerang ini juga di hadiri oleh Kepala Program Studi (Kaprodi) Tehnik Mesin UMB Hadi Pranoto, serta Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie. (penulis: Hizkia Pahlawan/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] )



Previous Post