ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

KAUM INTELEKTUAL HARUS CERDAS DAN BERKARAKTER

Penyerahan sertfikat pembicara kepada Dekan Fakultas Psikologi UMB – Muhammad Iqbal, M.Si, Ph.D

Direktorat Kemahasiswaan dan Humas Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan Kuliah Umum (Studium Generale) pada 12 Februari 2020 lalu. Menghadirkan narasumber Dekan Fakultas Psikologi UMB – Muhammad Iqbal, M.Si, Ph.D dengan mengangkat tema “Tantangan Membentuk Mahasiswa Berkarakter Bangsa di Era Digital.”

Muhammad Iqbal yang merupakan alumni PPRA Lemhannas ini merupakan salah satu dosen berprestasi LLDIKTI Wilayah III tahun 2017. Acara yang dibuka oleh Prof. Dr. Ing. Ir. Widjaya Martokusumo menarik minat mahasiswa terbukti dengan dihadiri ratusan mahasiswa ITB dari berbagai jurusan.

Muhammad Iqbal membahas mengenai perubahan dan perkembangan zaman dimana banyaknya temuan baru di era digital khususnya dalam bidang komunikasi dan telekomunikasi, tanpa disadari telah mengubah perilaku manusia. Teknologi sangat memberi dampak positif, namun juga memiliki efek negatif pada perubahan perilaku manusia.

“Dalam menghadapi era digital, kecerdasan tanpa diimbangi dengan karakter dan nilai – nilai kebangsaan bisa menyebabkan munculnya intelektual yang rapuh karena dalam mencapai kesuksesan tidak cukup dengan mengandalkan kecerdasan intelektual namun juga harus diimbangi dengan moralitas, spiritualitas dan daya juang serta nilai – nilai kebangsaan,” jelas Iqbal. (penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post