ID   EN

Berita

JARING PULUHAN MAHASISWA BERPRESTASI DARI DAERAH

   745    1 min

Cita-cita pendiri Universitas Mercu Buana, H. Probosutedjo untuk memberikan pendidikan yang merata dan berkualitas bagi seluruh generasi Indonesia, perlahan terwujud. Terbukti jumlah mahasiswa asal daerah terpencil yang memiliki kesempatan berkuliah di UMB terus meningkat setiap tahun.

“Peningkatan mahasiswa dari daerah-daerah terpencil merupakan hasil program Online Scholarship Competition (OSC) yang digelar bersama Metro Grup,” ujar Rektor UMB, Prof. Ngadino Surip usai menandatangi nota kerjasama program OSC tahun 2019 antara UMB dan Metro Grup di kantor Metro Grup, Jakarta, Rabu (28 Agustus 2019).

Melalui program OSC inilah, sambung Rektor UMB memberikan kesempatan bagi semua anak bangsa untuk mendapatkan kesempatan pendidikan. Program ini mendorong pemerataan hak sekaligus mempercepat peningkatan kualitas SDM Indonesia.

Bagi UMB sendiri, menurutnya memudahkan menjaring mahasiswa berprestasi, khususnya dari daerah. Karena selama ini calon mahasiswa berprestasi di daerah cenderung menyerah. Mengingat untuk berkuliah ke perguruan tinggi favorit dan berada di pulau Jawa membutuhkan biaya besar. Melalui program OSC inilah persoalan tersebut bisa terhindarkan.

“Melalui beasiswa ini putra-putri berprestasi namun tidak mampu bisa berkuliah. Selanjutnya harus tekut dan gigih melewati proses perkuliahan. Agar tuntas masa studinya,” tegasnya.

Dari data yang ada tercatat peminat program OSC di kampus UMB terus meningkat. Pada tahun 2018 tercatat 5000 peserta mengikuti seleksi. Dari jumlah itu disaring 150 orang yang kemudian tersisa 40 calon mahasiswa berhak mendapatkan beasiswa penuh selama 4 tahun.

Lebih menariknya, Rektor mengatakan jumlah peserta juga bertambah dari jangkauan daerah. Sebelumnya hanya menjaring calon mahasiswa dari wilayah Sumatera, Kalimantan dan NTT. Kini meluas sampai calon mahasiswa di wilayah timur Indonesia. (penulis: Hizkia Pahlawan / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat www.mercubuana.ac.id / [email protected])



Next PostPrevious Post