ID   EN
Universitas Mercu Buana

Berita

GENI BIRU E-FALCO RESMI DILUNCURKAN

   466    2 min

Prodi Teknik Mesin UMB Meluncurkan Mobil Listrik yang diberi nama Geni Biru E-Falco

Kehadiran Geni Biru E-Falco menambah daftar prestasi mahasiswa Teknik Mesin UMB. Mengapa demikian? Geni Biru E-Falco merupakan mobil listrik ramah lingkungan besutan Team Geni Biru dari Prodi Teknik Mesin UMB yang dikerjakan dalam kurun waktu satu tahun.

Sesuai dengan namanya, Geni Biru artinya api biru yang melambangkan semangat yang tidak pernah padam. Berkat semangat para mahasiswa team Geni Biru, akhirnya mobil listrik ini selesai dibuat dan resmi diluncurkan secara virtual, Sabtu (13/3/2021).

Yuli Harwani, Wakil Rektor UMB mengatakan hadirnya mobil listrik E-Falco menjadi bukti anak bangsa mampu berkontribusi langsung dalam inovasi kendaraan ramah lingkungan. “Walaupun ditengah kondisi pandemi yang serba terbatas, Team Geni Biru dan para mentornya berhasil membuat inovasi mobil listrik. Semoga mobil listrik ini bisa mengharumkan nama UMB dan semakin sukses dalam ajang lomba ke depannya,” ujarnya.

Kemampuan mobil listrik Geni Biru E-Falco patut diacungi jempol. Pasalnya, mobil listrik ini sudah melewati beragam uji coba seperti dyno test, menjajal tanjakan dan konsumsi energinya. Hasil dyno test menunjukkan mobil ini mampu berakselerasi dari kecepatan 0 – 70 km/jam dengan waktu 13,63 detik. Untuk konsumsi daya saat dijalan menanjak kemiringan 15 derajat sebesar 7,86 Watt/jam.

Sedangkan, saat dijalan mendatar sejauh 100 meter menghabiskan daya 1,5 Watt Hours dengan kecepatan rata – rata 34 km/jam. Berdasarkan hasil pengujian, mobil ini mengeluarkan tenaga sebesar 14,7 dk di motor listriknya dan 17 dk di roda penggeraknya. Memiliki torsi sebesar 228 Nm dibagian motor dan 279 Nm pada bagian roda.

“Ini adalah mobil listrik prototype yang dirancang agar hemat energy dengan DC 500 Watt dan baterai 10 Ampere Hours. Karena itu, kami desain mobil ini aerodinamis, bobotnya ringan, daya gesekan yang minim, hingga penggunaan transmisi dan kapasistas motor yang sesuai,” jelas Taruna Nando, anggota Team Geni Biru. ( penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post