ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

FASILKOM UMB SELENGGARAKAN SINAPTIKA KE-10 TAHUN 2018

   1318    2 min

Jakarta, Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana (UMB) telah menyelenggarakan acara Seminar Nasional Pengaplikasian Telematika ke-10 (SINAPTIKA) dengan tema Trend Aplikasi Multi-Platform Dalam Transformasi Digital untuk Meningkatkan Perdagangan di Era Ekonomi Digital ” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 17 November 2018 di Gedung Aula Rektorat Universitas Mercu Buana.

Seminar dihadiri oleh Keynote Speaker Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D sebagai Ketua APTIKOM Pusat, yang memberikan gambaran strategi bisnis dalam transformasi digital di berbagai industri perusahaan di seluruh dunia sebagai peluang baru dalam bidang perdagangan, serta menjembatani kepentingan produsen, konsumen, dan pasar tanpa dibatasi ruang dan waktu dengan adanya Ekonomi digital.

Seminar dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Dr. Harwikarya,MT, dalam sambutannya, mengatakan sangatlah penting mensikapi adanya perkembangan teknologi yang cukup pesat saat ini yang menjadi fondasi dari tren transformasi digital dalam meningkatkan perdagangan di era ekonomi digital.

Ketua Panitia SINAPTIKA 2018, Ratna Mutu Manikam, S.Kom,MT mengatakan acara ini yang diselenggarakan sebagai media silaturahmi, berbagi pengalaman dan membentuk jaringan sesama dosen, peneliti dan praktisi di bidang Informatika,Sistem Informasi dan teknologi informasi.

Seminar dilanjutkan dengan pemaparan tujuh narasumber yang mewakili praktisi, akademisi dan industri yaitu Ir. Budi Raharjo, M.Sc, Ph.D (Dosen ITB/Tokoh Teknologi Informasi), Dr. Ir. Teddy Mantoro (Dosen Universitas Sampoerna), Dr.Ir. Eko Kuswardono Budiarjo, M.Sc (Ketua IPKIN), Ir. Surono Mphil (Ketua BNSP), Adri Gautama, ST, MT, CCNA, CCAI(Area Academy Manager at Cisco System), Mahendra Hatmoko (Trainer iBox) dan Leontinus Alfa Edison (Co-Founder and Director Tokopedia) yang mendiskusikan isu-isu terkini di bidang Informatika,sistem informasi dan teknologi informasi dan komunikasi.

Seminar ini juga merupakan media desiminasi hasil-hasil penelitian bidang Informatika,sistem informasi yang menampilkan penyajian 86 makalah yang berasal dari beberapa universitas nasional, STMIK & Lembaga Pemerintahan RI di antaranya Universitas Pancasakti Tegal, Universitas Teknokrat Indonesia, Institute Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Pancasila, Universitas Mercu Buana, STMIK STIKOM Bali, STMIK Raharja serta Badan Siber dan Sandi Negara.

Selain itu penandatangan MOU Program Kerja Praktek (magang/Intenship) dan Fasilkom UMB diwakili Dr, Harwikarya, MT (Dekan Fasilkom UMB) dengan PT. Sinergi Digital Teknologi diwakili Alen Boby Hartanto, S.Kom, MM (Chief Technology Officer & Alumni Sistem Informasi UMB). (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat /www.mercubuana.ac.id / [email protected] )



Next PostPrevious Post