ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Dr SETIYO BUDIANTO : MEMBANGUN KESEIMBANGAN BEBAN LALU LINTAS SELULAR

   1673    1 min

Pemakaian trafik data pada jaringan selular dalam hal ini UMTS (universal mobile telecommunications system), dewasa ini semakin meningkat dengan perkembangan teknologi pendukungnya. Meningkatnya kebutuhan pemakaian data dalam jaringan selular, hal tersebut memunculkan ide untuk mengalirkan trafik selular kepada jaringan nirkabel lain, seperti wifi.

Proses pemindahan trafik data dari jaringan UMTS ke jaringan WiFi dan juga sebaliknya (pemindahan trafik data dari jaringan WiFi ke jaringan UMTS) disebut sebagai proses UMTS – WiFi Offload. Untuk melakukan proses offloading tersebut digunakan algoritma VHO (Vertical Hand Over).

Sampai saat ini belum ditemukan suatu penelitian membahas protocol routing khusus yang mampu mengalirkan trafik kepada access point lain yang berada pada sebuah cluster.

Dr. Setiyo Budiyanto melakukan penelitian untuk menentukan suatu metode algoritma hibrid pada jaringan MANET, dalam hal ini GZRP (Generic Zone Routing Protocol) yang mampu dikembangkan bersama dengan VHO sehingga permasalahan bottle neck traffic data yang terdapat jaringan UMTS-WiFi offload dapat diatasi.

“Terima kasih atas dukungan semua pihak. Disertasi ini merupakan upaya menemukan keseimbangan beban pada lalu lintas data pada jariangan selular,” ujar Dr Setiyo Budiyanto saat ditemui di kampus UMB, Jakarta, Senin (13/6/16)

Dengan judul disertasi Peningkatan kinerja load balancing dan UMTS-IEEE 802.11g berhasil menghantarkan Setiyo Budiyanto meraih gelar Doktor Bidang Ilmu Komputer di Universitas Indonesia. Hadir dalam acara tersebut tamu undangan diantaranya Dr. Arissetyanto Nugroho (Rektor Universitas Mercu Buana), Andi Adriansyah,Dr.,M.Eng (Wakil Dekan Fakultas Tehnik UMB), serta Dosen Tetap dan Civitas Akademika FT UMB. Selamat dan Sukses kepada Setiyo Budiyanto. (Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /www.mercubuana.ac.id/[email protected])



Next PostPrevious Post