ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

Diskusi Kerjasama Pascasarjana Universitas Mercu Buana dengan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM)

   569    2 min

Universitas Mercu Buana (UMB) melakukan Diskusi Kolaborasi Pascasarjana dengan Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) yang bertempat di Ruang Rapat Rektorat UMB pada, Rabu (17/5).

Acara tersebut dihadiri oleh Rektor UMB, Prof. Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng, Wakil Rektor Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Ariani Kusumo Wardhani., M.DsCs, Wakil Rektor Bidang Sumberdaya, Rizki Briandana, M.Comm, Ph.D, Kepala Biro Kerja Sama, Prastika Indriyanti, S.Kom, M.Cs, serta jajaran. Dari pihak UTHM hadir Dekan Pascasarjana, Prof. Dr. Shahruddin Bin Mahzan, Wakil Dekan Pengembangan Pascasarjana, Dr. Mohd Hisyam Bin Abdul Rahim, dan ChM. Dr. Faridah Binti Abu Bakar selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Riset serta jajaran.

Kolaborasi antara UMB dan UTHM ini difokuskan pada bidang Pascasarjana, terutama di Fakultas Teknik, yang diharapkan akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. "Kolaborasi tersebut berupa, 3 semester kuliah di UMB dan 1 semester ketika Tesis, mahasiswa akan dikirim ke UTHM. Disana para mahasiswa akan mendapat supervisor dari UTHM dan setelah selesai tesisnya, mereka akan kembali ke Indonesia untuk sidang tesis" jelas Andi.

Selain itu, dalam pertemuan ini juga dibahas tentang kolaborasi riset antara UTHM dan mahasiswa UMB. Kerjasama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas riset dan menghasilkan temuan - temuan yang berharga dalam bidang teknik.

Selama diskusi, juga dibahas mengenai kemungkinan adanya program pertukaran mahasiswa antara UMB dan UTHM di tingkat S2. Saat ini, program pertukaran hanya tersedia untuk mahasiswa tingkat S1, sehingga melalui kolaborasi ini diharapkan dapat diperluas hingga tingkat S2. Selain itu, UMB dan UTHM juga berencana untuk menjalin kerjasama dalam program Joint Degree dan Double Degree di masa depan.

"Kemendikbud Indonesia dan Malaysia ada kerjasama, maka dari itu bisa membuka peluang kolaborasi lebih jauh lagi. Kami berharap kolaborasi ini akan berjalan sesuai dengan rencana dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua universitas", kata Shahruddin.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan UMB dan UTHM dapat saling mendukung dan memperkuat bidang pascasarjana dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan Malaysia.



Next PostPrevious Post