Sukses

Anies Baswedan: Menjadi Mahasiswa Harus Aktif

Lebih lanjut Anies mengatakan, indikator paling sederhana kalau sedang jadi mahasiswa adalah harus ada kesibukan.

Liputan6.com, Jakarta Aktif menjadi kata kunci yang diberikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan dalam sambutan Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana (UMB), Sabtu (27/8/2022).

"Aktif. Aktiflah di kelas. Aktiflah di luar kelas. Di dalam kelas menguasai materi dengan baik akademik, di luar kelas mengembangkan kepemimpinan, terlibat dalam kegiatan organisasi apa pun. Organisasi yang berada di kampus adalah organisasi yang memberikan manfaat," ujar Anies dalam sambutan melalui tayangan video.

Lebih lanjut Anies mengatakan, indikator paling sederhana kalau sedang jadi mahasiswa adalah harus ada kesibukan.

"Bila Anda sibuk dengan banyak aktivitas, berarti Anda sudah di jalur yang benar. Tapi bila waktu Anda longgar, maka berharti-hatilah. Anda sedang memasuki rute yang hari ini tampaknya nyaman, tapi di kemudian hari akan menghasilkan penyesalan. Lihatlah jadwal kuliah Anda. Jika Anda sibuk maka on the right track. Jika longgar waktunya, maka Anda on the wrong track," tegasnya.

UMB menggelar acara Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana selama dua hari berturut-turut, Jumat dan Sabtu (26-27/8/2022) di Gedung Multimedia Kampus Meruya, Jakarta Barat.

Acara yang digelar secara hibrida tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Yayasan Menara Bhakti (YMB), Nurani Pudjiastuti, Dipl. FM., Sekretaris Pengurus YMB, Muhammad Irfan, MM., Plt Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Harwikarya, MT dan Wakil Rektor, Dr. Hadri Mulya, jajaran Direktur, para Dekan di lingkungan UMB, dan 100 orang perwakilan mahasiswa dari program Sarjana, Magister dan Doktoral.

Dalam sambutannya, Plt. Rektor UMB, Dr. Harwikarya, MT., mengatakan Mahasiswa/i UMB juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas ekstra-kurikuler melalui unit-unit kegiatan yang dapat menunjang kemampuan dan keterampilan mahasiswa/i.

"Banyak di antara mereka yang memiliki prestasi gemilang baik di tingkat nasional maupun regional, seperti meraih medali emas dan perak PON maupun SEA Games," jelas Harwikarya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

UMB Terus Beradaptasi

Sebagai institusi pendidikan, UMB terang Harwikarya, terus beradaptasi dengan perkembangan sains dan teknologi mutakhir. Seperti kita ketahui bersama, saat ini kita berada di era digital.

"Merespons perubahan tersebut UMB juga melakukan digitalisasi pendidikan era merdeka belajar melalui pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan model perkuliahn hibrida, yaitu perkuliahan luring alias tatap muka dan perkuliahan daring atau e-learing. Dalam perkuliahan daring atau e-learning mahasiswa dapat mendengarkan penjelasan dosen terkait matakuliah dalam bentuk video interaktif. Hal ini semata-mata agar Universitas Mercu Buana dapat menghasilkan lulusan-lulusan yang kompatibel dengan kebutuhan dunia industri secara global," pungkas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.