ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

78 PEJABAT UMB MENGIKUTI PELATIHAN SKPI

   1855    1 min

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) adalah dokumen yang berisikan informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan pendidikan bergelar. Dasar hukum SKPI mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 81 Tahun 2014: Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi.

Dengan kenyataan tersebut dapat dipastikan SKPI menjadi sangat strategis bagi setiap calon sarjana. Maka perlu memberikan pengenalan lebih dalam terhadap SKPI.

“Pelatihan SKPI ini bertahap. Pada tingkat awal kalangan struktural kampus harus memahami benar SKPI tersebut,” ujar Kepala Biro Administrasi Pembelajaran dan Akreditasi Universitas Mercu Buana, Caturida Meiwanto D, SE, M.Ak saat menghadiri Sosialisasi dan Pelatihan Pengisian SKPI di kampus UMB, Jakarta, Senin (18/1/16).

Menurutnya melalui pelatihan dan sosialisasi SKPI ini akan banyak memberikan manfaat. Tidak hanya bagi calon sarjana saja, tetapi juga kredibilitas kampus juga semakin baik. Karena melahirkan para sarjana yang memiliki kemampuan intelektual memadai dan berketerampilan mumpuni.

Tentu saja, lanjutnya pengembangan pelatihan tersebut perlu dipahami pejabat struktural kampus, khususnya para dekan, wakil dekan dan ketua/sekretaris program studi. Makanya pelatihan pengisian SKPI pada tahap awal diperuntukan bagi Kepala Bidang Studi, Sekretaris Bidang Studi dan Kepala Tata Usaha Fakultas.

“Terdapat 78 peserta yang mengikuti pelatihan SKPI. Nanti akan terus diperluas target peserta pelatihan,” imbuhnya.

Pelatihan ini merupakan kerjasama dari Biro Administrasi Pembelajaran dan Akreditasi (BAPA) serta Pusat Pengembangan dan Sistem Informasi (PPSI) UMB. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mensosialisasikan aturan yang akan diterapkan UMB secara sistemik dan teknis terkait program SKPI.

Manfaat SKPI bagi lulusan guna menerangkan kemampuan kerja, penguasaan pengetahuan dan sikap seorang lulusan agar mudah dimengerti oleh pihak pengguna di dalam maupun luar negeri, dibandingkan dengan hanya membaca transkrip, sekaligus berguna untuk meningkatkan kelayakan kerja. (Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /www.mercubuana.ac.id/[email protected])



Next PostPrevious Post