ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

42 APLIKASI KARYA MAHASIWA FASILKOM UMB DIPAMERKAN

   1583    1 min

Kegemaranan membuat aplikasi dan program berbasiskan teknologi komputer di kalangan mahasiswa kian marak. Terbukti ajang pameran karya System Informasi ke 3 ini menyedot perhatian mahasiswa. Sedikitnya 42 aplikasi karya mahasiswa hadir dalam pameran.

Pameran aplikasi dan program tersebut digagas Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Mercu Buana. Kegiatan yang mengusung tema Smart City and Future Technology ini merupakan ajang rutin yang memberikan ruang bagi mahasiswa menunjukan rekacipta aplikasi.

“Pada ajang ke 3 ini jumlah peminatnya semakin banyak. Terdapat 42 aplikasi yang dibuat oleh 163 mahasiswa Fasilkom,” ujar Penanggung Jawab acara, Wahyu Hari Hadji, ST, M.Kom disela pembukaan Pameran Karya dan Seminar Sistem Informasi di kampus UMB, Jakarta, Jumat (3/6/16).

Menurutnya ajang pameran tidak hanya menjadi arena unjuk kemampuan saja. Melalui kegiatan ini pun mahasiswa yang telah mampu membuat aplikasi dan program akan saling bertukar informasi. Hal tersebut menjadikan rekacipta aplikasi dapat semakin baik.

Tidak hanya itu saja, Dosen Fasilkom UMB tersebut meyakini pameran karya aplikasi dan program mampu pula merangsang ide-ide kreatif lain. Karena peserta akhirnya akan belajar secara alamiah dari peserta lain, sehingga dapat menghasilkan gagasan kreatif baru.

“Pembuatan aplikasi itu harus berbasiskan kebutuhan publik. Makanya ajang pameran jadi penting sebagai sarana melihat kebutuhan publik yang terus berubah,” tuturnya.

Menariknya lagi, lanjut Wahyu Hari Hadji semua aplikasi yang dibuat merupakan karya bersama. Melibatkan tiga sampai empat orang untuk setiap aplikasi. Semua anggota yang terlibat memiliki keterampilan berbeda-beda.

“Kalau programmer semua dalam kelompok itu, pasti susah jadi aplikasinya. Makanya ada programernya, ada disain programnya dan ada pula analisis dan lainnya,” imbuhnya.

Selain menggelar pameran terdapat pula kegiatan lain, yakni seminar dan talkshow, hadir sejumlah pembicara dalam acara tersebut termasuk praktisi aplikasi. (Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan Masyarakat /www.mercubuana.ac.id/ [email protected])



Next PostPrevious Post