ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

1000 PELARI MERIAHKAN RUN FOR CANCER 2018

   1287    2 min

Lebih dari 1000 pelari dipastikan ikut memeriahkan Run For Cancer 2018, yang berlangsung di kawasan Jakarta. Ribuan pelari itu berasal dari berbagai kelompok usia, bahkan diantaranya terdapat pelari asal negara asing.

“Run for Cancer ini merupakan kegiatan bersama antara Yayasan Kanker Indonesia dan Universitas Mercu Buana. Dengan tujuan menumbuhkan kesadaran terhadap ancaman penyakit kanker,” kata Ketua Panitia Run for Cancer, Ketut Nina Mastra, SE., BS., MS disela pelepasan peserta Run for Cancer di Jakarta, Minggu (8 April 2018).

Menurutnya membangun kepedulian terhadap bahaya kanker harus dilakukan secara terus menerus. Dengan pola informasi yang juga beragam, diantaranya melalui kegiatan Run for Cancer ini yang mampu lebih massif dalam menyampaikan informasi.

Apalagi, sambung dia jumlah peserta Run for Cancer ini sangat banyak. Berasal dari berbagai lapisan usia, strata sosial, pendidikan dan sebagainya. Sehingga lebih efektif dalam menyampaikan informasi tentang bahaya cancer.

“Tentu harapannya kesadaran terhadap bahaya cancer bisa dipahami lintas generasi. Makanya semua pelari menggunakan Bald Cap,” imbuhnya.

Bald cap, jelas Nina Mastra merupakan symbol aksi solidaritas pelari bagi penderita Cancer. Bald Cap digunakan pelari pada bagian kepala yang berwarna coklat muda.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Murniati Widodo AS menambahkan penyakit kanker bukanlah penyakit sederhana. Kanker merupakan penyakit yang dipicu berbagai faktor. Kanker menyerang sel tubuh yang kemudian perkembangan sel itu menjadi tidak normal.

Pada sel kanker tersebut, sambung dia akan berkembang dengan cepat, tidak terkendali. Sel kanker itu membelah diri, menyebar dan merusak sel organ tubuh lainnya.

“Makanya perlu kesadaran yang optimum dari masyarkat terhadap bahaya ini. Siapapun, usia berapa pun, dari gender apa pun dapat terserang bahaya kanker,” tuturnya.

Selain itu pula, Murniati Widodo AS menegaskan kegiatan Run for Cancer 2018 juga bagian dari peringatan ulang tahun Yayasan Kanker Indonesia ke 41. Kehadiran dan peran Yayasan Kanker Indonesia ini akan terus berlanjut, demi menghadirkan masyarakat sadar terhadap ancaman kanker. (penulis: Amirullah Munawir/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] )



Next PostPrevious Post