»  B e r i t a
PADUAN SUARA UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH PRESTASI DALAM 1ST XINGHAI PRIZE INTERNATIONAL CHOIR CHAMPIONSHIPS
(Updated: 19-11-2012 16:21 WIB)



Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta (PSM UMB), berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi Paduan Suara tingkat Internasional yakni, 1st Xinghai Prize International Choir Championships yang diselenggarakan oleh INTERKULTUR pada tanggal 8 hingga 14 November 2012 di Guangzhou, China. Paduan Suara dibawah pimpinan Conductor Agus Yuwono ini tercatat sebagai salah satu peserta dari 164 Paduan Suara yang berasal dari 43 negara berbeda, yang ikut berkompetisi dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Mengikuti dua kategori berbeda yaitu Mixed Choir dan Folklore dalam Guangzhou International Open Competition, PSM UMB berhasil meraih dua medali emas dan satu medali platinum kategori Folklore dalam Xinghai Prize international Choir Competition. Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho yang juga ikut mendampingi dalam kompetisi tersebut merasa sangat bangga, mengingat hal ini merupakan kali pertama PSM UMB bertanding dalam kompetisi tingkat internasional, dengan meraih dua medali dalam dua kategori sekaligus.

Setelah memenangkan dua kategori tersebut, PSM UMB kembali berkompetisi pada babak yang lebih tinggi yakni Xinghai Prize International Choir Competition, dimana dalam babak ini PSM UMB bersaing dengan Kelompok Paduan Suara lain yang sudah memiliki pengalaman berkompetisi internasional sebelumnya. PSM UMB kembali mengikuti kategori Mixed Choir serta Folklore dan bersaing dengan Paduan Suara ternama seperti Universitas Diponegoro (Indonesia), Universitas Hassanudin (Indonesia),Novo Cocertante Manila (Filipina), Mt.San Antonio College Chamber Singer (USA), Student Choir of Belarus State Academy of Music (Belarus), dan pesaing dari negara Asia bahkan Eropa lainnya.

Selain berkompetisi, PSM UMB juga tampil membawakan lagu-lagu daerah di hadapan mahasiswa dan petinggi dari Guangdong University of Education, Guangzhou, China dalam rangka kerjasama internasional UMB di bidang pendidikan dan penelitian masyarakat termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa. Disaksikan oleh kurang lebih 500 mahasiswa, PSM UMB mendapatkan sambutan dan antusias yang baik dari pihak universitas tersebut. Dengan adanya kompetisi dan kegiatan ini, seluruh anggota PSM UMB berharap agar tidak cepat berpuas diri dan meningkatkan kualitas bernyanyi ke arah yang lebih baik lagi di kancah internasional. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» JURNAL FESTIVAL UMB 7: LOMBA MERAKIT ROBOT TINGKAT SEKOLAH DASAR
» PIDATO REKTOR UNIVERSITAS MERCU BUANA PADA UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2014
» M. REZA PAHLEVI MAHASISWA TEKNIK ELEKTRO UMB RAIH MEDALI EMAS KATEGORI MECHATRONIC ASEAN SKILLS COMPETITION (ASC) KE - 10 DI HANOI VIETNAM
» JURNAL FESTIVAL UMB 7: RAIH PRESTASI DALAM KOMPETISI FUTSAL SMA
» JURNAL FESTIVAL UMB 7 : USUNG NILAI NILAI KERAGAMAN, KREATIVITAS DAN LINGKUNGAN HIJAU
» OBITUARI PROF. DR. HC.H. SULTAN HARUN AL RASJID ZAIN (MANTAN REKTOR UNIVERSITAS MERCU BUANA)
» INFO FEB : WORKSHOP RISET PASAR MODAL
» KULIAH TAMU FAKULTAS TEKNIK PERANAN PERGURUAN TINGGI DALAM RANGKA KONSERVASI ENERGI
» SEMINAR NASIONAL BERSAMA UMB YKCB DAN PPAD PADA HARI KESAKTIAN PANCASILA: MENEGAKKAN PANCASILA YANG DILUPAKAN
» MAHASISWA FIKOM RAIH JUARA II TINGKAT NASIONAL DI ISLAMIC SHORT MOVIE FESTIVAL UGM YOGYAKARTA
» SINAPTIKA FASILKOM USUNG NILAI PROFESIONALISME SUMBER DAYA MANUSIA HADAPI AFTA 2015
» MAHASISWA PUBLIC RELATIONS FIKOM UMB IKUTI PROGRAM STUDENT EXCHANGE KE UNIVERSITY SAINS MALAYSIA
» UNIVERSITAS MERCU BUANA JALIN KERJASAMA DENGAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH
» MAHASISWA UMB BELAJAR BERSAMA DENGAN PRAKTISI VOA WASHINGTON DC
» DUNIA KAMPUS MAHASISWA BARU TA 2014/2015 UNIVERSITAS MERCU BUANA