»  B e r i t a
PADUAN SUARA UNIVERSITAS MERCU BUANA RAIH PRESTASI DALAM 1ST XINGHAI PRIZE INTERNATIONAL CHOIR CHAMPIONSHIPS
(Updated: 19-11-2012 16:21 WIB)



Paduan Suara Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta (PSM UMB), berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi Paduan Suara tingkat Internasional yakni, 1st Xinghai Prize International Choir Championships yang diselenggarakan oleh INTERKULTUR pada tanggal 8 hingga 14 November 2012 di Guangzhou, China. Paduan Suara dibawah pimpinan Conductor Agus Yuwono ini tercatat sebagai salah satu peserta dari 164 Paduan Suara yang berasal dari 43 negara berbeda, yang ikut berkompetisi dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Mengikuti dua kategori berbeda yaitu Mixed Choir dan Folklore dalam Guangzhou International Open Competition, PSM UMB berhasil meraih dua medali emas dan satu medali platinum kategori Folklore dalam Xinghai Prize international Choir Competition. Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho yang juga ikut mendampingi dalam kompetisi tersebut merasa sangat bangga, mengingat hal ini merupakan kali pertama PSM UMB bertanding dalam kompetisi tingkat internasional, dengan meraih dua medali dalam dua kategori sekaligus.

Setelah memenangkan dua kategori tersebut, PSM UMB kembali berkompetisi pada babak yang lebih tinggi yakni Xinghai Prize International Choir Competition, dimana dalam babak ini PSM UMB bersaing dengan Kelompok Paduan Suara lain yang sudah memiliki pengalaman berkompetisi internasional sebelumnya. PSM UMB kembali mengikuti kategori Mixed Choir serta Folklore dan bersaing dengan Paduan Suara ternama seperti Universitas Diponegoro (Indonesia), Universitas Hassanudin (Indonesia),Novo Cocertante Manila (Filipina), Mt.San Antonio College Chamber Singer (USA), Student Choir of Belarus State Academy of Music (Belarus), dan pesaing dari negara Asia bahkan Eropa lainnya.

Selain berkompetisi, PSM UMB juga tampil membawakan lagu-lagu daerah di hadapan mahasiswa dan petinggi dari Guangdong University of Education, Guangzhou, China dalam rangka kerjasama internasional UMB di bidang pendidikan dan penelitian masyarakat termasuk pertukaran dosen dan mahasiswa. Disaksikan oleh kurang lebih 500 mahasiswa, PSM UMB mendapatkan sambutan dan antusias yang baik dari pihak universitas tersebut. Dengan adanya kompetisi dan kegiatan ini, seluruh anggota PSM UMB berharap agar tidak cepat berpuas diri dan meningkatkan kualitas bernyanyi ke arah yang lebih baik lagi di kancah internasional. (Biro Sekretariat Universitas & Humas / humas@mercubuana.ac.id)


Berita Lainnya :

» KULIAH UMUM KEWIRAUSAHAAN : BANGUN PELUANG DENGAN E-COMMERCE DAN INTERNET BUSINESS
» PRODI ARSITEKTUR ADAKAN KULIAH TAMU SUSTAINABLE LIVING & ENVIRONMENT
» MAHASISWA UMB RAIH PRESTASI PEMENANG DUTA MAHASISWA GENERASI BERENCANA TINGKAT KOTA ADMINISTRASI JAKARTA BARAT 2014
» INFO FEB: STUDI BANDING LIMA KANWIL DIREKTORAT JENDRAL PAJAK KE TAX CENTER UMB
» KULIAH UMUM DAN PENANDATANGANAN MOU TEKNIK ARSITEKTUR FTPD DENGAN PT.CIPTA MORTAR UTAMA
» INTERNASIONALISASI UMB DALAM BIDANG AKADEMIK PENELITIAN DAN KERJASAMA MENUJU AFTA 2015
» MAHASISWA UMB RAIH JUARA III BULUTANGKIS DI UNIVERSITAS BAKRIE
» KUNJUNGAN UNIVERSITY MALAYSIA SABAH KE FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA
» MERCU BUANA MARKETING DAY : WORKSHOP PRACTICAL BUSINESS PLAN
» MAHASISWA PSIKOLOGI UMB AKAN PRESENTASI PAPER PENELITIAN PADA THE ASIAN CONFERENCE ON THE SOCIAL SCIENCES 2014 DI OSAKA JEPANG
» UNIVERSITAS MERCU BUANA SELENGGARAKAN CAREER FAIR KE 11: SERAP ALUMNI SEBESAR 59%
» CALON WISUDAWAN UMB DIBEKALI SEMINAR BEDAH PSIKOTES & TEKNIK WAWANCARA
» SEMINAR INTERNAL FEB BAHAS NEUROMARKETING: MARKETERS TURN INTO MIND READERS
» INFO DINAS PENDIDIKAN DKI JAKARTA: KOORDINASI PERSIAPAN UJIAN NASIONAL BIDANG SMK TAHUN AKADEMIK 2013/2014
» DOSEN UMB DAN DEAKIN UNIVERSITY AUSTRALIA ADAKAN PROGRAM PENELITIAN BERSAMA