ubah ke versi bahasa inggrisubah ke versi bahasa inggris
Username   
Password   
register aktivieren   
































» Maschinenbau
Profile  |  Objective  


 Profile
Deskripsi Program Studi

Program Studi Teknik Mesin Universitas Mercu Buana termasuk Program Studi yang tertua dan terkemuka di lingkungan Universitas Mercu Buana dengan jumlah mahasiswa yang tidak pernah mengalami surut baik dimasa krisis ekonomi bahkan sampai keadaan sekarangpun.

Kurikulum Program Studi Teknik Mesin dibangun dengan pilar mata kuliah keahlian teknik mesin yang berdiri diatas dasar mata kuliah sains dan beratapkan mata kuliah keahlian khusus atau profesional teknik mesin yang selalu dapat mengikuti perubahan zaman, sedemikian rupa sehingga para lulusan dapat bekerja di segala bidang baik sector industri maupun non-industri.

Singkat kata, Program Studi Teknik Mesin–UMB berorientasi pada perpaduan dan keseimbangan ilmu pengetahuan, teknologi ,humaniora untuk peningkatan kualitas hidup manusia yang mandiri, bermoral, bertanggung jawab dan peka terhadap lingkungan. Antara lain pembangunan manusia yang humanis, berwawasan lingkungan berkelanjutan, dan berjiwa kewirausahaan.

Sehingga yang begitu luasnya bidang ilmu pengetahuan Teknik Mesin, dari mulai mesin alat konstruksi, mesin perkakas, alat pemindahan bahan, mesin pembakaran dalam, sampai kepada manajemen produksi dan manajemen industri, tersusunlah mata kuliah yang mencakup semua bidang ilmu di atas yang ditunjang oleh kelengkapan laboratorium di bidang ilmu permesinan khususnya di bidang alat-alat ukur audit energi/konversi energi.

Program pendidikan di jurusan Teknik Mesin diarahkan pada penguasaan bidang teknik yang memiliki peranan penting dalam proses industrialisasi seperti alat penggerak, alat konstruksi dan mesin perkakas pabrik. Disamping itu, mahasiswa diarahkan juga untuk menangani penelitian, perancangan serta pengembangan bidang keahlian teknik seperti otomotif, teknologi pertanian dan manufaktur serta bidang konvervasi energi.

Tujuan lain dari penyusunan kurikulum dengan memasukkan kajian bidang ilmu tersebut lalah untuk dapat lebih mengarahkan minat dan bakat dari masing-masing mahasiswa. Pada dasarnya bidang ilmu yang ada pada jurusan Teknik Mesin tidak memiliki perbedaan-perbedaan yang mendasar, karena perbedaan yang ada hanya akan terlihat pada saat penyusunan skripsi sesuai dengan kajian bidang ilmunya. Pada semester awal mahasiswa jurusan mesin diberikan bekal ilmu pengetahuan yang menunjang dasar-dasar teknik mesin, sedangkan pada semester akhir mahasiswa diberikan tambahan ilmu yang menunjang bahan skripsi yang akan diambilnya. Oleh karena itu pada semester-semester akhir mahasiswa akan diarahkan pada beberapa konsentrasi antara lain : Konstruksi Mesin, Konversi Energi, dan Teknologi Manufaktur. Dengan ditunjangnya sarana laboratorium Teknologi Mekanik, CAD (Computer Aided Design) dan CAM (Computer Aided Manufacture) serta alat-alat ukur vibrasi dan audit energi maka diharapkan sarjana lulusan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Mercu Buana memiliki ilmu dan wawasan yang luas yang dapat berwiraswasta dan menciptakan lapangan kerja.

Program studi ini menyiapkan lulusannya untuk menjadi ahli maintenance engineering, energy conversion dan energy management. Bidang keahlianManajemen Energi adalah bidang keahlian yang memanfaatkan pendekatan teknik optimasi untuk mencapai tujuan menggunakan energi seminimum mungkin sementara tingkat kenyamanan dan tingkat produktivitas tetap dapat terpelihara.

 

Lama Studi

              4 Tahun (8 Semester)

 

Prasyarat

- Lulus SMU 

- Lulus SMK 

 

Fasilitas Laboratorium

Untuk menunjang proses belajar mengajar maka disediakan beberapa fasilitas Laboratoriumdan Studio sbb :

- Prestasi Dasar Mesin

- Fenomena Mesin

- Proses Produksi

- CAD-CAM dan CNC- Dasar Sistem Kontrol

- Elektro Pneumatic- PLC-FESTO

 

Staf Pengajar

Staf pengajar berlatar belakang pendidikan S2 dan S3 dari lulusan dalam negeri dan luar negeri, antara lain :

Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM.

Prof. Dr. Usman Sudjadi Dipl. Ing.

Dr. Ir. Indra Putra A., DipTechs.,M.sc

Dr. Ir. Abdul Hamid, M.Eng.

Ir. Dana Santoso M.Eng. Sc. Ph.D.

Dr. Ir. Andi Adriansyah, M.Eng.

Dr. Ing. Mudrik Alaydrus.

Dr. Ing. Darwin Sebayang.

Dr. Mardani, M.Eng.

Dr. Hatsari Mitsudharmadi, M.Eng.

Ir. Torik Husein, MT.

Ir. Herry Agung Prabowo, M.Sc.

Ir. Erry Rimawan, MBA.

Ir. Muhammad Kholil, MT.

Drs. Sonny Koeswara, M.Sc.

Ir. Indra Almahdy, M.Sc.

Ir. Rully Nutranta, M.Eng.

Ir. Yuriadi Kusuma, M.Sc.

Ir. Ariosuko DH, MT.

Ir. Yudhi Gunardi, MT.

Ir. Said Attamimi, MT.

Ir. Badarudin, MT.

Ir. Eko Ihsanto M.Eng.

Nanang Ruhyat, ST,MT.

Ir. Denny Hadiwinata, M.Sc.

Fina Supegina, ST,MT.

Resa Taruna, ST,MT.

Ir. Imam Hidayat, MT.

Prestasi Mahasiswa:

Indra Cahyadi: Juara I Kontes Pengelasan Nasional Tahun 2013 yang diselenggarakan oleh DIKTI pada tanggal 27-28 September 2013 di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Hyendi Gumilang: Juara II AMSA Scrabble Competition 2013, Universitas Tarumanagara