Universitas Mercu Buana Wisuda 2.461 Lulusan, Ini Pesan Rektor untuk para Alumni

Rabu, 27 Juli 2022 - 20:21 WIB
loading...
Universitas Mercu Buana Wisuda 2.461 Lulusan, Ini Pesan Rektor untuk para Alumni
Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar prosesi wisuda Diploma LI, Sarjana LV, Magister XLII & Doktor IV, Periode III Tahun Akademik 2021/2022. Foto/Dok/UMB
A A A
JAKARTA - Universitas Mercu Buana ( UMB ) menggelar prosesi wisuda Diploma LI, Sarjana LV, Magister XLII & Doktor IV, Periode III Tahun Akademik 2021/2022. Wisuda digelar pada 25-28 Juli 2022 di Auditorium Rektorat Kampus Meruya, Jakarta Barat.

Dalam wisuda kedua yang bertema “Menyambut Insan Kreatif, Kritis dan Kompetitif”, UMB mewisuda 2.461 wisudawan yang terdiri dari 33 program diploma, 2.146 program sarjana, 281 program magister, dan 1 program doktoral.



Dalam sambutannya, Plt. Rektor UMB, Dr. Harwikarya, MT mengingatkan kepada para wisudawan agar selalu memegang nilai-nilai kreatif, kritis dan kompetitif.

Kreatif berarti bagaimana seseorang mampu menggunakan daya imajinasinya untuk melihat sejumlah kemungkinan yang diperoleh atas interaksinya dengan ide atau gagasan terhadap lingkungannya.

Kreativitas, lanjut dia, juga perlu diimbangi dengan sikap kritis yang dapat menuntun untuk terus mencari perspektif baru di tengah-tengah gelombang distruptif.



"Menjadi kompetitif berarti seorang sarjana harus membekali dirinya dengan sikap kreatif dan keterampilan berpikir kritis agar dapat memenangi persaingan di dunia kerja dan lingkungannya,” tegas Harwi, Selasa (26/7/2022).

Pembina Yayasan Menara Bhakti, yang menaungi UMB, Rindangsari Kurniawati berharap, lulusan-lulusan UMB mampu berkiprah dan menjadi sumberdaya yang inoviatif, menjadi solusi di tengah masyarakat. Bukan sebaliknya menjadi beban problematika di lingkungannya.

Dalam pidatonya, Plt Rektro UMB juga melaporkan capaian prestasi yang diraih UMB selama tahun kalender akademik 2021/2022 antara lain; Universitas Mercu Buana raih 5 penghargaan dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Lainnya, perolehan prestasi nasional terbanyak dalam Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek pada 2021.

UMB juga termasuk dari 3 perguruan tinggi dengan Peneriman/Pemenang Kompetisi Kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek 2021.

Apresiasi Host Seminar: Konsorsium Publikasi Ilmiah II Bidang Ilmu Tahun 2021, Penghargaan Top 10 Perguruan Tinggi dengan Laporan Kinerja Media Sosial Terbaik 2021, dan Penghargaan kepada Perguruan Tinggi yang Menyelenggarakan Sentra Vaksin Covid 19.

Selanjutanya, UMB juga berhasil menjadi Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Peringkat Satu di Indonesia Berdasarkan Analisis AD Scientific Index, dan Peringkat 4 PTS Terbaik di Indonesia, Peringkat 2 PS Terbaik di Jakarta versi Webometrics 2022.

Dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III (LLDIKTI III) UMB mendapatkan 4 penghargaan: Pengelolaan Kartu Indonesia Pintar Terbaik, 10 Besar Pemenang Program Penelitian Matching Fund dengan Pendanaan Terbesar tahun 2021, 10 Besar Perguruan Tinggi dengan Laporan Kerjasama Aktif dalam Kurun Waktu 3 Tahun Terakhir dan Pelaporan 100% PDDIKTI pada Kurun Waktu 5 Tahun Terakhir.

Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP, Kepala LLDIKTI III, yang hadir memberikan sambutan mengapresiasi capaian prestasi yang diperoleh UMB selama ini.

“UMB mendapatkan penghargaan pelaporan 100 % PD DIKTI (Pangkalan Data Direktorat Pendidikan Tinggi) pada 5 tahun berturut-turut. Karena itulah ditarik data oleh Kemendikbudristek dan Universitas Mercu Buana menjadi universitas yang memperoleh salah satu program platinum yaitu program hibah PPKM-MBKM dari Kementerian,” tandas Paris.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)