Teliti Penerbangan Full Service, Dosen Universitas Mercu Buana Raih Gelar Doktor Komunikasi Unpad

man-headphones

CN, Jakarta - Meneliti pengalaman sebagai media komunikasi citra merek pada maskapai penyedia layanan penuh (Full Service Airline), Ira Purwitasari raih Gelar Doktor Komunikasi Universitas Padjadjaran dengan Predikat Sangat Memuaskan.

Sidang Promosi Doktor yang berlangsung di Gedung Pascasarjana Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unpad, Jatinangor, pada Kamis (2/6/2022) bertindak selaku Ketua Tim Promotor Prof. Dr. Engkus Kuswarno.,MS dan Dr. Uud Wahyudin, M.Si serta Dr. Ninis Agustini Damayani,M.Lib sebagai Anggota Tim Promotor.

Dikemukakan, penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap sebuah fenomena pada industri penerbangan yang memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi dimana Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penerbangan milik pemerintah Republik Indonesia dirancang sebagai suatu perusahaan penerbangan yang menjadi simbol negara atau national flag carrier.

Sementara itu, persaingan yang sangat tinggi pada industri penerbangan terjadi pada maskapai penerbangan yang memiliki berbagai kategori. Sebagai maskapai penyedia layanan penuh (Full Service Carrier), Garuda Indonesia memberikan pelayanan maksimum dan berkualitas melalui penerbangan sebelum, selama dan setelah penerbangan.

Aspek pengalaman layanan mempunyai peran yang sangat penting dalam konseptualisasi citra merek. Dengan asumsi bahwa tujuan utama pengalaman harus mampu menciptakan atau memertahankan citra merek yang hidup di benak konsumen maka citra merek layanan Garuda Indonesia sebagai maskapai full service carrier harus mampu mewakili perspektif pelanggan atas suatu layanan dan makna simbolis yang diciptakan selama konsumsi layanan berlangsung. 

Melalui media pengalaman pula diharapkan pelanggan memahami layanan atau membuat dan memberikan makna yang relevan dengan layanan full services airlines yang di usung Garuda Indonesia agar dapat terus menciptakan nilai yang konsisten dengan merek (brand) Garuda Indonesia. Sebagai maskapai bintang 5 dan anggota Skytrax.

Adapun penelitian ini mengkaji bagaimana Garuda Indonesia bisa menggunakan dan memanfaatkan pengalaman sebagai media komunikasi. Pengalaman tersebut diharapkan dapat menyampaikan pesan akan sebuah pengalaman penerbangan yang menyenangkan dan berkesan yang akan selalu diingat pelanggan dan pada akhirnya akan berujung pada terpeliharanya citra merek Garuda Indonesia. Citra merek baik yang dimiliki perusahaan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pelanggan untuk memilih perusahaan jasa mana yang akan mereka gunakan. 

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini, menurut Ira Purwitasari adalah untuk mengelaborasi faktor-faktor dan motif pelanggan memilih melakukan penerbangan dengan Garuda Indonesia sebagai maskapai yang memberikan layanan penuh (Full Service Airline), mengkaji penerapan pelayanan pengalaman terbang dengan Garuda Indonesia sebagai maskapai yang memberikan layanan penuh (Full Service Airlines), mengkaji citra merk kayanan Garuda Indonesia sebagai maskapai yang memberikan layanan penuh (Full Service Airline), dan menemukan model komunikasi berbasis pengalaman di maskapai Garuda Indonesia.

“Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang bersifat holistik dan memiliki satu unit analisis tunggal. Keseluruhan dari hasil penelitian tercermin pada model ideal komunikasi pemasaran berbasis pengalaman di Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia,” jelas Ira Purwitasari.

Terpopuler

To Top