ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

GELAR SELEKSI BEASISWA BAGI MAHASISWA LUAR NEGERI

Poster Beasiswa UMB untuk Mahasiswa di Malaysia

Setelah menyandang akreditasi internasional dari lembaga Accreditation for International Schools, Colleges, and Universities (ASIC), memberi daya tarik bagi calon mahasiswa luar negeri. Terbukti 36 calon mahasiswa asing itu berminat mengikuti seleksi sebagai mahasiswa Universitas Mercu Buana.

“Ini seleksi perdana bagi mahasiswa asing yang dilakukan secara terbuka. Para calon mahasiswa asing itu berasal dari negara-negara di Asia,” kata Direktur Pemasaran UMB, Dr. Irmulansati saat meninjau kesiapan seleksi bagi mahasiswa asing di kampus UMB, Jakarta, kemarin.

Irmulansati menegaskan seleksi calon mahasiswa asing ini terbuka untuk mendapatkan kesempatan menikmati beasiswa selama 4 tahun. Khususnya bagi calon mahasiswa program studi S1 manajemen dan teknik informatika.

Tahapan seleksinya, sambung Direktur Pemasaran UMB ini berlangsung secara ketat. Setidaknya calon mahasiswa ini harus lolos dua tahapan. Pertama, tes tertulis secara online dan kedua, tes wawancara.

“Tes tertulis secara online berlangsung tiga sesi. Sesi pertama dilaksanakan pada Jum’at, 27 Maret 2020, sesi kedua pada Jum’at, 24 April 2020 dan sesi ketiga pada 14 Mei 2020,” tuturnya.

Seleksi online tiga sesi itu, sambung Irmulansati sangaja dilakukan untuk mempemudah sekaligus melakukan seleksi secara ketat. Mengingat pada tiga sesi tersebut didominasi mahasiswa dari tiga negara, yakni calon mahasiswa asal Malaysia, calon mahasiswa asal Timor Leste dan Thailand.

Poster Beasiswa UMB untuk Mahasiswa di Thailand

Kepala Bagian Seleksi UMB, Arihta Tarigan menambahkan wabah virus Covid-19 ini tidak menghalangi mahasiswa asing untuk berkuliah di UMB. Makanya perlu mempersiapkan model seleksi online. Sekaligus proses pendaftarannya pun bebasis online.

“Dari hasil pendaftaran itu tidak hanya mahasiswa asal Malaysia, Timor Leste dan Thailand, terdapat pula calon mahasiswa dari Afrika dan India,” pungkas Arihta.

Bagi mahasiswa yang lolos seleksi Beasiswa ini, akan segera berkuliah di kampus UMB Meruya. Khususnya kelas berpengantar Bahasa Inggris. Para mahasiswa asing tersebut mengambil program studi S1 Manajemen dan Teknik Informatika. (penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post