Beri Sambutan Perkuliahan Baru di UMB, Anies: Jadi Mahasiswa Harus Aktif

Senin, 29 Agustus 2022 - 18:28 WIB
loading...
Beri Sambutan Perkuliahan Baru di UMB, Anies: Jadi Mahasiswa Harus Aktif
Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana (UMB), Sabtu (27/8/2022). Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Aktif. Menjadi kata kunci yang disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada sambutan Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana (UMB) , Sabtu (27/8/2022).

“Aktif. Aktiflah di kelas. Aktiflah di luar kelas. Di dalam kelas menguasai materi dengan baik akademik, di luar kelas mengembangkan kepemimpinan, terlibat dalam kegiatan organisasi apa pun. Organisasi yang berada di kampus adalah organisasi yang memberikan manfaat,” ujar Anies dalam sambutan videonya.
Baca juga: Hadiri Kuliah Perdana Uhamka Jakarta, Anies Dorong Mahasiswa Terus Gelisah

Dia memaparkan indikator paling sederhana kalau sedang jadi mahasiswa. “Bila Anda sibuk dengan banyak aktivitas, berarti Anda sudah di jalur yang benar. Tapi bila waktu Anda longgar, maka berharti-hatilah. Anda sedang memasuki rute yang hari ini tampaknya nyaman, tapi di kemudian hari akan menghasilkan penyesalan. Lihatlah jadwal kuliah Anda. Jika Anda sibuk maka on the right track. Jika longgar waktunya, maka Anda on the wrong track,” ungkapnya.

UMB menggelar Pembukaan Perkuliahan Mahasiswa/i Baru Tahun Ajaran 2022-2023 Universitas Mercu Buana selama dua hari berturut-turut yakni Jumat (26/8) dan Sabtu (27/8) di Gedung Multimedia Kampus Meruya, Jakarta Barat.

Acara digelar secara hibrida dihadiri Ketua Pengurus Yayasan Menara Bhakti (YMB) Nurani Pudjiastuti, Sekretaris Pengurus YMB Muhammad Irfan, Plt Rektor Universitas Mercu Buana Harwikarya, Wakil Rektor Hadri Mulya, jajaran Direktur, para Dekan di lingkungan UMB, dan 100 orang perwakilan mahasiswa dari program Sarjana, Magister, serta Doktoral.

Plt Rektor UMB Harwikarya mengatakan, mahasiswa/i UMB juga dapat melakukan aktivitas-aktivitas ekstrakurikuler melalui unit-unit kegiatan yang dapat menunjang kemampuan dan keterampilan mahasiswa/i.

“Banyak di antara mereka yang memiliki prestasi gemilang baik di tingkat nasional maupun regional, seperti meraih medali emas dan perak PON maupun SEA Games,” ujarnya.
Baca juga: Gubernur DKI Anies Baswedan Dialog dengan Mahasiswa Doktoral di Inggris, Ini Hasilnya

Sebagai institusi pendidikan UMB terus beradaptasi dengan perkembangan sains dan teknologi mutakhir. Seperti kita ketahui bersama saat ini era digital.

“Merespons perubahan, UMB juga melakukan digitalisasi pendidikan era merdeka belajar melalui pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dengan model perkuliahan hibrida, yaitu perkuliahan luring alias tatap muka dan perkuliahan daring atau e-learing. Dalam perkuliahan daring atau e-learning mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen terkait mata kuliah dalam bentuk video interaktif. Hal ini semata-mata agar UMB menghasilkan lulusan-lulusan yang kompatibel dengan kebutuhan dunia industri secara global,” beber Harwikarya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1053 seconds (0.1#10.140)