ID   EN
Universitas Mercu Buana

News

ANTISIPASI BANJIR, KENALKAN SUMUR ECODRAIN

   2631    2 min

Sekprodi Teknik Sipil UMB – Suprapti, ST, M.T dan Engineer PT Pandu Equator Prima dan Dosen Teknik Sipil UMB – Eka Nur Fitriani, ST, M.T foto bersama dengan teman-teman wartawan bekasi

Biro Humas dan Sekretariat Universitas Mercu Buana mengadakan kegiatan Friday Lunch Dialog dengan tema “Antisipasi Banjir, UMB Kenalkan Sumur Resapan Berbasis Ecodrain.” Kegiatan yang diadakan pada Jum’at, 14 Februari 2020 ini berlokasi di Kota Bekasi.

Narasumber yang berpengalaman dibidangnya yaitu Sekprodi Teknik Sipil UMB – Suprapti, ST, M.T dan Engineer PT Pandu Equator Prima dan Dosen Teknik Sipil UMB – Eka Nur Fitriani, ST, M.T. Dialog santai ini membahas mengenai sosialisasi dan tanya jawab perihal sumur peresapan berbasis ecodrain yang menggunakan geosintetik dan modular dan perakitan modular tank.

Suprapti dan Eka sedang mengsosialisasikan sumur peresapan berbasis ecodrain

Ecodrain merupakan sistem drainase perkotaan yang berwawasan lingkungan dan sumur resapan salah satu bagian dari sistem ini. Saat ini sudah dikembangkan sumur resapan yang modern dan ramah lingkungan dibuat dengan menggunakan modular tank yang dilapisi non woven geotextile sebagai filter. Modular tank merupakan blok – blok yang terbuat dari material polypropylene (recycle material plastik) yang dirakit sehingga berbentuk kubus dengan dimensi 60 cm x 40 cm x 45 cm.

Menurut Eka, Sumur resapan menggunakan modular tank ini dapat menampung 95% dari volume total, artinya sistem ini dapat menerapkan drainase dengan zero run off surface yang mana limpasan air hujan langsung terserap ke dalam tanah sebanyak 95%.

Suprapti menjelaskan, Program Pengabdian kepada Masyarakat, Dosen dan Mahasiswa Prodi Teknik Sipil didukung oleh PT Pandu Equator Prima akan melakukan sosialisasi dan pembuatan sumur resapan berbasis ecodrain di lingkungan terdekat kampus UMB untuk mengantisipasi banjir yang kerap terjadi.

“Dengan adanya program ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi banjir dengan memperkenalkan sumur resapan modern terbuat dari modular tank,” ujar Suprapti. (penulis: Priyo Wahyudi/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / [email protected] / https://pendaftaran.mercubuana.ac.id/)



Next PostPrevious Post