Mercu Buana University

PANCASILA ITULAH IDENTITAS BANGSA INDONESIA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Globalisasi telah membawa semua negara harus berubah. Makna perubahan yang dimaksud itu sebagai arah yang membawa kepada peningkatan kesejahteraan bangsanya belandaskan kekuatan diri. Bukan sebaliknya yang menjadikan negara berada terpuruk, bahkan kehilangan kekuatan dirinya.

“Dalam pandangan itu kekuatan Indonesia sebagai sebuah bangsa dan negara adalah ideologi Pancasila. Hal inilah yang sejatinya perlu terus disadari kita sebagai bangsa,” kata Ketua UKP – PIP, Yudi Latif, P.hD dalam orasi ilmiahnya pada Wisuda Sarjana XLII dan Pascasarjana XXIX Universitas Mercu Buana, gedung ICE, Serpong, Tangerang, Rabu (31/Januari/2018).

Pancasila, lanjut dia merupakan identitas diri bangsa Indonesia yang tidak ada duanya. Pancasila merupakan pijakan dan landasan bagi setiap arah perubahan yang terjadi di Indonesia. Dengan demikian segala perubahan yang merupakan hasil globalisasi, tetapi tidak senada dengan semangat Pancasila perlulah diabaikan.

Menurutnya Pancasila terlahir sebagai titik temu, titik pijak dan titik tuju bagi seluruh elemen bangsa Indonesia. Hal tersebut memberikan arti seluruh gerak dan arah pembangunan berlandaskan pada sila-sila Pancasila, sehingga mampu wujudkan tujuan negara sebagaimana tertuang dalam konstitusi.

Sedangkan globalisasi, terang dia adalah fakta pergerakan zaman yang tidak dapat dipungkiri. Namun tetap harus disikapi melalui semangat Pancasila yang nantinya menyaring segala pengaruh buruk globalisasi. (penulis: Amirullah / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

MELALUI LITERASI TEKNOLOGI MENUJU KAMPUS BERKELAS DUNIA

  • Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Tahun 2018 diyakini sebagai tahun digital. Dimana pemanfaatan teknologi berbasis digital akan semakin lebih luas dalam pemanfaatannya dibandingkan tahun sebelumnya. Tidak hanya sebatas pemanfaatan pada lini ekonomi, politik, industri dan bisnis hingga pelayanan publik. Bahkan merambah pula pada lini lainya, yakni Perguruan Tinggi.

“Indonesia memiliki jumlah penduduk berusia muda yang cukup besar. Ini merupakan pengguna teknologi yang sangat berpengaruh,” kata Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM, IPU dalam sambutan Wisuda Sarjana XLII dan Pascasarjana XXIX di Indonesia Convention Exhibition, Serpong, Rabu (31/Januari/2018).

Berdasarkan sejumlah riset, lanjut dia menunjukan jumlah pengguna smartphone Indonesia meningkat pesat setiap tahun. Pada tahun 2017 tercatat 86,6 juta pengguna. Dipredikisi pada tahun ini naik menjadi 103 juta pengguna. Penggunaan internet juga meningkat yang diprediksi naik pada 2018 menjadi 123 juta pengguna.

Ditambah pula pelaku bisnis rintisan terus bertambah. Berdasarkan sejumlah data mencatat sudah 1.559 pelaku bisnis rintisan di tahun 2017. Ada diantaranya sudah masuk kategori unicorn, yakni bisnis rintisan yang telah memiliki valuasi 1 Miliar USD.

Kenyataan tersebut, lanjut Rektor menunjukan pemanfaatan teknologi mampu mendorong inovasi, kreasi dan semangat kompetisi yang memiliki pengaruh luas. Semua itu tentu terwujud bagi siapapun yang memiliki satu kemampuan literasi teknologi yang memadai.

“Literasi teknologi adalah tuntutan yang tak bisa lagi dihindari di era kini. Karena literasi teknologi dimaknai sebagai kemampuan memanfaatkan teknologi untuk menyampaikan dan mengakses informasi. Sekaligus mampu menyumbang solusi atas berbagai persoalan,” tandasnya.

Dari sinilah perlunya menumbuhkan literasi teknologi. Peran tersebut menjadi tanggung jawab perguruan tinggi, sebagaimana tersirat dalam UU No.18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Maka sudah tepat bagi kampus terus mendorong literasi teknologi bagi sivitas kampus.

Pada Tahun Akademik 2017/2018 ini, Universitas Mercu Buana memiliki 2 Program Diploma dan Peminatan Manajemen MICE, 16 Program Sarjana, 6 Program Magister, 2 Kelas Program berbahasa Inggris pada Fakultas Ekonomi Bisnis dan Fakultas Ilmu Komputer, ditambang pula 1 Program Doktor Manajemen. Dan pada hari ini, Universitas Mercu Buana melantik 1245wisudawan yang terdiri dari 189wisudawanMagister, 1051wisudawanSarjana, dan 5 wisudawan Diploma. (penulis: Amirullah / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

 

SUKSES BERAWAL DARI MENGENALI POTENSI DIRI

  • Written by admin
  • Category: Berita

Pada dasarnya manusia dalam dirinya berpotensi untuk menjadi orang sukses, meraih prestasi dan bermanfaat bagi orang lain. Hal tersebut didasari setiap orang lahir dengan potensi dan kecerdasan yang luar biasa.

“Ketidaksuksesan atau kesuksesan seseorang didasarkan pilihan mereka. Bagi mereka yang mengetahui potensi atau kekurangan, tentu lebih mudah meraih kesuksesan,” kata Dekan FEB, Dr. Harnovinsyah, M.si dalam pembukaan Seminar Strategi  Menggali Potensi Individual di kampus UMB, Jakarta, Jumat, (26/Januari/2018).

Dengan demikian, lanjut dia kemampuan melihat potensi diri itu sebagai kunci awal meraih sukses. Selanjutnya adalah komitmen dan kerja keras individu untuk memanfaatkan potensi diri yang sudah ditemukan.

Putri Indonesia 2016, Kezia Warouw menambahkan pengenalan terhadap potensi diri adalah hal penting dalam menggapai kesuksesan. Karena potensi diri adalah anugerah Tuhan yang menjadi penanda untuk bekal menjalani hidup.

“Potensi diri sangat banyak. Ada yang mengenali potensi diri sebagai individu yang pandai menulis. Maka dari sanalah orang tersebut menemukan jalan suksesnya. Bisa sebagai seniman, penulis atau pun jurnalis,” paparnya.

Potensi diri yang sudah dikenali, lanjut dia merupakan pintu masuk untuk mengetahui lebih banyak tentang peluang sukses. Bahkan tidka jarang individu yang mengenal berbagai potensi diri bisa mencari peluang sukses dari berbagai jalan. (penulis: Arvia / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

GALERI INVESTASI SARANA LATIH MAHASISWA JADI PIALANG

  • Written by admin
  • Category: Berita

Pialang merupakan profesi yang masih minim di Indonesia. Padahal profesi pialang memiliki peran penting dalam perekonomian bangsa. Sekaligus profesi yang berpendapatan sangat menggiurkan.

Kepala Galeri Investasi BEI – UMB, Iwan Firdaus MM menegaskan kehadiran Galeri Investasi Bursa Efek ini merupakan laboratorium bagi mahasiswa untuk memahami profesi pialang. Sekaligus bisa mengenal lebih banyak tentang bisnis saham yang memiliki prospek bisnis masa depan.

“Ini fasilitas yang baik bagi mahasiswa untuk mendalami bisnis saham. Bahkan bisa secara langsung pula menjadi pelaku bisnis saham atau pialang,” ujar Iwan Fidaus, MM disela peresmian Galersi Investasi BEI di kampus UMB, Jakarta, Rabu (24/Januari/2018).

Menurutnya pengenalan saham memang tidak cukup melalui teori saja. Perlu pula pemahaman mahasiswa secara langsung melalui praktek jual-beli saham. Sehingga dapat mengetahui persis kondisi transaksi saham secara langsung.

Simbolisasi peresmian Galeri BEI-UMB ini dilakukan dengan pemotongan pita oleh Rektor Universitas Mercu Buana Dr. Arrisetyanto Nugroho beserta Direktur MNC Sekuritas Susi Meilina dan Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Hosea Nicky Hogan. Hadir pula Wakil Rektor Bidang inovasi Alumni dan Hubungan Internasional Prof. Dana Santoso P.hd, Dekan dan Jajaran pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. (penulis: Amirullah / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

MEDIA MASSA – KAMPUS PERLU MEMBENTUK TIM RISET BERSAMA

  • Written by admin
  • Category: Berita

 

 

 

Pimpinan Redaksi Majalah Gatra, Carry Nadeak menegaskan perguruan tinggi di Indonesia memiliki peran strategis dalam mendorong kemajuan bangsa. Namun sayangnya perguruan tinggi cenderung bekerja secara terpisah-pisah, belum menjadi sebuah kekuatan perubahan yang utuh.

“Dalam kesempatan ini saya pikir perlulah menjalin kerjasama media massa, khususnya Gatra dengan Universitas Mercu Buana. Terutama dalam membuat lembaga riset bersama,” tegas Carry Nadeak saat menerima kunjungan Universitas Mercu Buana di kantor Majalah Gatra, Jakarta, Jumat (19/Januari/2018).

Dia meyakini kerjasama riset yang dilakukan media massa dan perguruan tinggi memberkan pengaruh besar. Karena perguruan tinggi memiliki budaya riset yang baik, sedangkan media massa memiliki jejaring yang luas untuk menemukan sumber data.

Kolaborasi keduanya, lanjut dia mampu menghasilkan sebuah materi riset yang unggul. Sehingga secara keilmuan pun bisa memberikan terobosan, sekaligus menjawab berbagai persoalan masyarakat. Dengan demikian tujuan keilmuan pun dapat tercapai.

“Karya riset yang terus dipublikasi pada publik dapat mendorong kepercayaan masyarakat kepada institusi perguruan tinggi serta mempercepat produk lokal berkembang,” imbuhnya.

Kegiatan kunjungan ini ditutup dengan pemberian penghargaan dari kedua belah pihak, berupa buku dan souvenir. Rencananya akan dilakukan kunjungan balasan dari pihak Redaks Gatra untuk bertandang ke Universitas Mercu Buana. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

 

 

PERKUAT SINERGI KAMPUS DAN MEDIA MASSA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Peran perguruan tinggi sebagai lembaga pendidikan harus terus diperkuat melalui sinergitas dengan berbagai pihak, diantaranya media massa. Keterlibatan media massa bersama lembaga perguruan tinggi dapat memberikan efek yang cukup siginifikan bagi masyarakat.

“Terutama dalam membangun kepercayaan terhadap karya riset perguruan tinggi yang perlu dukungan media massa untuk menyebar luaskan,” kata Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Arissetyanto Nugroho, MM, IPU saat mengujungi kantor Redaksi Gatra, Jakarta, Jumat (19/Januari/2018).

Menurutnya karya riset perguruan tinggi selama ini jarang diketahui publik. Padahal tidak sedikit dari riset perguruan tinggi itu yang sesungguhnya cukup baik. Bahkan dapat dimanfaatkan bagi dunia industry dan masyarakat.

Hanya saja, sambung dia minimnya publikasi karya riset menyebabkan hasil riset tersebut menjadi hiasan perpustakaan saja. Tidak sebagai produk yang dapat dimanfaatkan atau dikembangkan lebih lanjut untuk menjawab kebutuhan masyarakat.

“Inilah yang membuat riset akhirnya hilang dari pengaruhnya. Padahal riset adalah karya intelektual yang akan berkembang jika terus dimanfaatkan,” paparnya.

Universitas Mercu Buana juga mengembangkan berbagai karya riset. Pada tahun ini telah mengajukan 43 hak cipta dan 11 hak paten. Tentu saja karya tersebut perlu diketahui publik, makanya penting adanya sinergi perguruan tinggi dan media massa. (penulis: Citra Sentosa / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

TRANSFORMASI MENUJU UNIVERSITAS GENERASI KETIGA

  • Written by admin
  • Category: Berita

Era digital yang melaju cepat mendorong terjadinya berbagai perubahan. Cepatnya perubahan tersebut menyebabkan berbagai institusi dipaksan menyesuaikan diri. Tidak terkecuali perguruan tinggi yang ikut terpapar arus digital.

Rektor UMB, Dr. Arissetyanto Nugroho menegaskan era digital membuka berbagai peluang dan perbaikan dari era sebelumnya. Pertama yang harus diperhatikan era digital harus mampu meningkatkan pelayanan publik. Perguruan tinggi seperti UMB ini juga harus lebih baik pelayanannya melalui teknologi digital.

“Hal lain yang ikut berpengaruh adalah pola pengajaran, kurikulum dan proses pengingkatan keterampilan mahasiswa juga harus lebih meningkat,” kata Dr. Arissetyanto Nugroho saat memberikan Arahan Awal Tahun  bagi Karyawan dan Dosen di kampus UMB, Jakarta, Rabu (3/Jan/18).

Teknologi digital, lanjut dia harus disikapi secara positif sebagai kekuatan mendapatkan perbaikan kehidupan. Karena teknologi digital juga membawa semangat kerjasama, kolaborasi dengan berbagai lini. Begitu yang kemudian mengarah pada bentuk universitas generasi ketiga.

Rektor mengajak teknologi digital yang maju pesat dapat menjadi jembatan kolaborasi keilmuan dan riset. Serta menjadi arena membangun kerjasama lintas profesi dan lintas displin ilmu yang memberikan pengaruh lebih luas bagi masyarakat.

“UMB sebagai perguruan tinggi unggulan juga harus menuju pada bentuk universitas generasi ketiga. Dimana kerjasama yang terjadi semakin menguat dan memberikan manfaat besar bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula Rektor mengajak semua elemen kampus untuk mengarahkan kegiatannya berorientasi kerjasama. Agar mahasiswa pun memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berlatarkan pada lintas keilmuan dan lintas profesi.

Selain itu pula, Rektor berharap pada tahun 2018 bisa lebih menumbuhkan budaya riset dan hak paten. Melalui budaya riset yang kian gencar dapat lebih merealisasikan model universitas generasi ketiga, sekaligus mewujudkan visi dan misi UMB. (penulis: Priyo Wahyudi / editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

DONASI RATUSAN BUKU MELALUI KULIAH PEDULI NEGERI

  • Written by admin
  • Category: Berita

Kepedulian mahasiswa terhadap rendahnya budaya literasi dikalangan anak-anak dilakukan melalui memberian bantuan buku bacaan. Kegiatan donasi yang dikemas dalam program Kuliah Peduli Negeri ini mendapat antusias dari berbagai pihak.

“Donasi buku yang diberikan merupakan sumbangan dari mahasiswa mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi program studi Publik Relation. Bantuan ini sebagai upaya meningkatkan budaya literasi anak,” ujar Pendamping kegiatan, Dra. Ida Anggraeni, M.Si saat menyerahkan donasi buku kepada Komunitas Peduli Anak Marjinal Indonesia (KOPAMI) di Masjid As-Salam Rawamangun, Jakarta, Minggu (17/Des/17).

Menurut Ida Anggraeni peningkatan literasi anak merupakan langkah penting bagi upaya menghadirkan generasi yang berwawasan luas. Sekaligus menjadi langkah menanamkan pula rasa kepedulian terhadap sesama.

Selain itu, lanjut dosen Fikom UMB ini penyelenggaraan donasi buku juga mengasah kepedulian mahasiswa terhadpa persoalan sekitarnya. Serta mengajaknya mengambil solusi terhadap persoalan yang terjadi. Sehingga peran mahasiswa bagi lingkungan dapat sungguh-sungguh terasa.

“Mahasiswa tidak hanya individu yang berpengetahuan, tapi juga harus memiliki kepekaan terhadap berbagai persoalaan, serta mencarikan solusinya,” paparnya.

Tidak hanya itu saja, tambah Ida Anggraeni melalui kegiatan ini mahasiswa pun terlatih untuk membangun relasi dalam menyelesaikan persoalan. Sebagai contoh mahasiswa melibatkan para penggiat KOPAMI dalam penyaluran buku tersebut.

Dalam kesempatan itu pun mahasiswa mengkampanyekan gerakan ‘Yuk Donasi Buku’ melalui media sosial. Kampanye ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah donasi buku pada masa mendatang. Sumbangan buku dapat berupa buku pelajaran sekolah, buku cerita maupun buku kreatifitas anak. (penulis: Amirullah Munawir/ editor: Riko Noviantoro /Biro Sekretariat Universitas dan Hubungan masyarakat / www.mercubuana.ac.id / This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. )

 

Info Pendaftaran 085100633360

Kampus UMB

Kampus Meruya

  • Jl. Meruya Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat
  • T : 021 5840 816 ( Hunting), ext: 2751
  • F : 021 5840 015

Kampus Menteng

  • Jl. Menteng Raya No.29, Jakarta Pusat
  • T : 021 3193 5454
  • F : 021 3193 4474

Kampus Cibubur

  • Jl. Keranggan No.6, Jatisampurna Bekasi
  • T : 021 8449 635

Fakultas

Diploma 3

  • . Fakultas Ekonomi dan Bisnis

     

     

    Profesi 

    • Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Strata 1

Strata 2

 

 

Top of Page